Tips Memilih Rumah untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Anggaran Pembangunan Rumah

Saat Anda cari rumah dijual, Anda dianjurkan untuk tidak gegabah memutuskan langsung membeli. Anda jangan tergiur dengan penawaran harganya sebelum melakukan survei secara langsung. Hal ini dikarenakan Anda harus mengecek terlebih dahulu rincian biaya, fasilitas, legalitas rumah, kelengkapan surat-surat penting yang menyangkut rumah dan lain-lain.

Cara Memilih Rumah Idaman

  • Legalitas

Banyak orang ingin membeli rumah yang telah memiliki sertifikat hak milik dan sertifikat hak guna bangunan. Kedua syarat tersebut dibutuhkan untuk mengajukan KPR dan yang akan disetujui oleh bank

  • Lokasi

Pilihlah rumah yang lokasinya strategis, yaitu dekat dengan jalan raya, akses mudah dan prospektif. Anda juga dapat memperoleh berbagai informasi seputar rumah kepada tetangga disekitarnya.

  • Lingkungan

Lingkungan juga penting diperhatikan, apabila Anda memiliki anak kecil maka carilah lingkungan yang banyak anak kecilnya. Hal ini penting untuk tumbuh kembang anak Anda.

Survei lingkungan sekitar sangat membantu Anda menemukan kecocokan dengan rumah sehingga nyaman dan kondusif untuk dihuni. Anda juga dapat mengecek tema proyek rumah yang disediakan oleh developer.

  • Logika

Pada umumnya developer akan menggunakan trik agar merayu calon pembeli rumah sehingga rumah segera terjual. Sebelum menentukan jadi tidaknya Anda membeli rumah maka dianjurkan untuk mengecek dengan bertanya kepada masyarakat di sekitar atau mengecek harga NJOP dan lain-lain.

  • Memilih posisi rumah

Banyak orang yang suka memilih rumah yang terletak di pojok karena posisi tersebut memiliki banyak keuntungan. Hal ini dikarenakan, Anda dapat mengembangkan rumah tersebut. Meskipun harga yang dipatok berbeda dengan rumah yang  posisinya berada di tengah.

  • Menghubungi tim marketing

Anda dapat mengunjungi kantor marketing untuk mengumpulkan informasi terkait rumah yang akan Anda beli. Anda juga dapat mencari informasi lengkap dengan meminta brosur.  Anda harus mempertimbangkan banyak hal seperti akses menuju jalan raya yang mudah, sistem keamanan dan lain-lain.

Selain itu, Anda dapat menghubungi agen properti untuk mendapatkan kisaran harga jual rumah.Anda dapat menggunakannya sebagai referensi sebelum Anda menyetujui harga yang ditawarkan. Dengan demikian, harga rumah yang Anda beli sesuai standar.

  • Status rumah

Ada dua jenis rumah yang ditawarkan oleh penjual, yaitu rumah siap pakai dan rumah inden. Pada rumah siap pakai, Anda dapat melihat rumah secara langsung. Apabila Anda memilih rumah inden, Anda tidak dapat mensurvei secara langsung. Anda hanya dapat melihat lokasi yang tertera di site plan perumahan. Rumah akan dibangun setelah adanya akad jual beli secara legal. Lalu, Anda harus menunggu pembangunan selesai sesuai perjanjian.

Kelebihan rumah inden adalah Anda dapat mengawasi proses pembangunan rumah. Anda pun dapat menambahkan desain rumah. Namun, terkadang memunculkan kekhawatiran apabila rumah tidak selesai tepat waktu. Tentunya, hal ini merugikan Anda.

  • Harga rumah

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat menanyakan harga rumah adalah apakah biaya yang dipatok sudah termasuk biaya PPN 10% atau belum. Selain itu, Anda tanyakan tentang biaya KPR, biaya akta jual beli, bea perolehan hak atas tanah bangunan dan ada tidaknya diskon.

  • Kualitas rumah

Anda harus mengecek kualitas rumah yang akan  Anda beli, yaitu desain rumah, bentuk fisik, lingkungan dan lokasi apakah strategis atau tidak serta akses transportasi.

  • Mengecek Fasilitas yang disediakan

Fasilitas yang penting ditanyakan antara lain adalah tempat beribadah, listrik lancar, ketersediaan air dapat terpenuhi, keamanan rumah terjamindan fasilitas umum lainnya.

Anda juga harus mengecek sinyal telepon. Sangat disayangkan apabila Anda menghuni rumah dengan fasilitas lengkap namun tidak dapat berkomunikasi karena jaringan tidak lancar.

  • Mengecek ada tidaknya garansi kerusakan

Pada umumnya garansi rumah diberikan 3 bulan, berlaku sejak serah terima rumah. Sebelum menyetujui semua persyaratan, Anda cek terlebih dahulu kondisi rumah tentang kualitas bangunan apakah ada yang bocor atau tidak, kekokohan dinding rumah agar tidak mudah retak dan lain-lain.

  • Investasi

Tanah merupakan investasi yang menjanjikan di masa depan. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan prospekkedepan mengenai lokasi tempat rumah Anda dibangun.

Keuntungan Investasi Rumah

  1. Peluang mengalami kerugian kecil

Investasi properti rumah pergerakannya lebih lambat karena bersifat tahunan. Lain halnya dengan saham dan trading forex yang bersifat harian

  1. Lebih aman

Investasi rumah lebih aman dan resiko terkena penipuan rendah. Namun, Anda juga tetap berhati-hati. Anda harus mengecek keabsahan sertifikat rumah di Badan Pertanahan Nasional, cek nama yang tercantum pada sertifikat, status rumah dan lain-lain.

  1. Mudah dijalankan

Tidak seperti jenis investasi lain yang membutuhkan pengetahuan khusus untuk menjalankannya. Investasi rumah cenderung lebih mudah dilakukan

  1. Nilainya selalu naik

Anda berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar. Hal ini dikarenakan Anda dapat memprediksi harga jual tanah yang cenderung naik setiap tahunnya. Banyak investor yang akan membeli lokasi rumah yang murah namun dalam jangka berapa tahun harganya melonjak.

  1. Anda dapat membeli rumah menggunakan KPR Bank

Harga rumah yang makin tahun selalu meningkat dapat diakali dengan cara pembelian kredit. Dengan sistem tersebut sangat meringankan Anda yang ingin memiliki rumah namun tidak mempunyai modal besar.

shares