Resep Nasi Liwet Sunda Simple Pake Rice Cooker

Resep Nasi Liwet Sunda Simple Pake Rice Cooker

Jika berbicara tentang kuliner khas kota Bandung memang seeprti tidak ada habisnya, bayangka saja ? kota ini memiliki ragam kuliner dari mulai jajanan asin dan manis sampai ke makanan pokok yang gurih dan juga nikmat. Tidak heran kota Bandung menjadi salah satu kota yang destinasi kulinernya menjadi list yang harus dicoba.

Salah satu jenis makanan khas kota Bandung yang sudah terkenal akan kelezatannya yaitu Nasi Liwet Khasnya. Rasanya tidaklah pas jika mencicipi makanan khas kota Bandung seperti ikan asin dan juga pepes tanpa dilengkapi sambal dan juga nasi liwetnya. Meskipun menu makanan seperti ini terlihat sederhana, tetapi justru penikmat makanan ini banyak yang berasal dari kalangan menengah keatas.

Tidak jarang di kota Bandung bahkan di berbagai kota – kota besar lainnya sekarang sudah banyak yang menjual makanan khas sunda seperti ini. Menu yang terkesan menu masakan rumahan tetapi memberikan kesan nikmat yang berbeda bagi para penggemarnya. Tapi jangan khawatir bagi anda yang menyukai nasi liwet sunda ini, kini membuat nasi liwet juga ternyata bisa hanya menggunakan rice cooker dirumah.

Meskipun aslinya nasi liwet biasanya dimasak menggunakan kastrol, tetapi ternyata ada juga resep nasi liwet sunda yang bisa dimasak hanya dengan rice cooker, jadi setidaknya bisa mengobati kerinduan memakan nasi liwet tanpa harus ke rumah makan khas sunda. Yuk kita simak cara pembuatan nasi liwetnya.

Bahan yang harus dipersiapkan :

  • 250 gram beras, yang sudah dicuci bersih
  • 600 ml air matang
  • 5 siung bawang putih, diiris tipis
  • 6 buah bawang merah, diiris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, digeprek
  • 5 buah cabe rawit
  • Garam dan penyedap bubuk secukupnya
  • Minyak secukupnya

Setelah mempersiapkan semua bahan – bahan diatas maka anda sudah bisa membuat nasi liwet sederhana sendiri dengan menggunakan rice cooker. Berikut langkah – langkah yang bisa anda ikuti :

  1. Panaskan minyak kemudian tumis bawang putih dan juga bawang merah sampai tercium aroma harum kemudian sisihkan dahulu.
  2. Masukan beras yang sudah dicuci bersih sebelumnya kedalam rice cooker kemudian masukan bawang putih dan juga bawang merah yang tadi telah ditumis.
  3. Setelah itu masukan juga daun salam dan serai yang sudah digeprek kedalam rice cooker.
  4. Jangan lupa setelah itu masukan garam dan juga kaldu penyedap kedalam rice cooker dan aduk – aduk semuanya.
  5. Masukan air matang secukupnya kedalam waha rice cooker kemudian masak beras dengan menggunakan rice cooker seperti biasa.
  6. Tunggu sampai lampu indikator pada rice cooker berubah, jika sudah berubah maka nasi liwet pun sudah matang.
  7. Setelah matang jangan lupa di aduk – aduk agar nasinya matang merata.
  8. Nasi liwet sunda sederhana pun sudah siap disajikan.

Agar makan nasi liwet ini semakin nikmat, maka anda bisa menambahkan menu pendamping lain seperti ikan asin, ayam goreng, sambal, ataupun lalapan supaya menu nasi liwet anda mirip seperi yang ada di rumah makan sunda. Meskipun resepnya sederhana tapi rasa dari nasi liwet rice cooker ini juga tidak kalah dengan nasi liwet yang di masak menggunakan kastrol.

Resep seperti ini bisa jadi salah satu alternatif menu makan siang untuk anda dan keluarga dirumah yang kangen makan makanan khas sunda.

shares