Perawatan Pada Trafo yang Tidak Boleh Terlewatkan

Perawatan Pada Trafo yang Tidak Boleh Terlewatkan

Jasa perawatan trafo profesional sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa trafo listrik yang digunakan masih dalam keadaan baik. Selain itu, perawatan trafo secara rutin akan meningkatkan masa pakai trafo sehingga bsia menghemat sejumlah pengeluaran. Ada beberapa komponen trafo yang harus diperiksa secara rutin. Bagian komponen berikut ini adalah bagian yang membutuhkan perawatan rutin.

Bagian Perawatan Trafo yang Harus Dijalankan

Jasa professional perawatan trafo akan melakukan pemeriksaan komponen pada trafo secara maksimal. Dari sekian banyak komponen yang ada di dalam trafo listrik, beberapa komponen di bawah ini harus dilakukan perawatan secara rutin.

  • Pengecekan Level Minyak pada Bawah Breater

Cek pula volume minyak pada tabung yang ada pada sisi bawah breater. Minyak di dalam tabung harus ditambah apabila level volume minyak sudah turun. Tujuan penambahan minyak sebelum berada di bawah level adalah untuk mengurangi risiko kerusakan gel di masa mendatang.

  • Mengecek Suhu Menggunakan Alat Infrared Thermograpy

Alat infrared thermograpy digunakan untuk mengecek temperatur di beberapa bagian kabel terminal. Bagian kabel terminal yang harus dicek adalah sambungan antara kabel terminal pada LV bushing dan juga HV bushing. Dari hasil pemeriksaan ini harus dipastikan berapa suhu paling tinggi yang pernah dicapai dan suhu kontinu. Maksimal suhu yang pernah dicapai yakni 90 derajat Celcius sementara suhu berkelanjutan yakni 75 derajat Celcius.

Cek pula koneksi antara sambungan kabel apakah masih erat atau sudah longgar. Pasalnya, sambungan kabel yang sudah longgar bisa menyebabkan suhu semakin meningkat. Pada akhirnya kenaikan suhu berlebih akan membuat isolasi kabel menjadi rusak.

  • Pengecekan Fungsional Komponen

Pastikan beberapa komponen fungsional seperti alarm kontak yang ada pada transformator aksesoris masih dalam kondisi baik. Bagian yang harus dicek meliputi indikator level minyak, suhu minyak hingga Buchholz relay. Kalibrasi pula indikator suhu yang ada pada kumparan dan oli.

Sewatama merupakan perusahaan penyedia jasa pelayanan perawatan listrik dan juga penyediaan listrik secara cepat. Seluruh perawatan akan dikerjakan secara langsung oleh teknisi listrik yang berpengalaman. Dengan mempercayakan perawatan trafo langsung pada ahlinya, masa kerja dari trafo pun dapat lebih lama.

shares