Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit yang Dialami Wanita

Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit

Rasa sakit yang berada di tubuh manusia tentunya sangat mengganggu untuk melakukan rutinitas sehri-hari. Memiliki rasa sakit pada tubuh tersebut dapat saja pertanda sebagi timbulnya suatu penyakit. Salah satu rasa sakit yang dapat dirasakan wanita adalah pada bagian perut sebelah kanan. Berikut penyebab perut sebelah kanan sakit pada tubuh wanita.

  1. Kram Menstruasi

Kram menstruasi atau yang biasa disebut dengan dismenore adalah gejala yang dialami oleh wanita pada saat menstruasi. Hal tersebut dapat terjadi sebelum maupun selama menstruasi. Rasa kram yang paling sering dirasakan adalah pada kedua sisi perut bagian bawah, baik itu sebelah kanan maupun kiri.

Ini terjadi di mana rahim Anda sedang berkontraksi untuk melepaskan lapisannya. Gejala lain yang juga sering muncul adalah rasa sakit yang tidak berifat konstan, mual, sakit kepala, pusing dan juga nyeri yang dirasakan pada sepanjang punggung bagian bawah hingga paha. Bila gejala-gejala tersebut tidak hilang dalam waktu lama, maka dapat konsultasi ke dokter.

  1. Endometriosis

Walaupun nyeri kram yang dirasakan pada saat menstruasi merupakan gejala umum dari menstruasi itu sendiri, maun dapat juga dipandang sebagai gejala dari endometriosis. Endometriosis terjadi pada saat lapisan yang pada biasanya tumbuh pada dalam rahim justru terbentuk di bagian luar organ.

Selain memunculkan rasa nyeri kram dan rasa sakit pada bagian kanan bawah perut juga menyebabkan rasa sakit saat atau bahkan setelah berhubungan seks. Selain itu rasa sakit juga akan timbul pada saat terjadi gerakan usus atau kencing saat menstruasi, mengalami menstruasi berat, terjadinya flek atau darah antra siklus menstruasi.

Hal tersebut merupakan kondisi yang sangat menyiksa bagi banyak wanita yang mengalaminya, bahkan juga dapat mengakibatkan terjadinya ketidaksuburan. Bila Anda mempunyai dugaan bahwa sakit pada bagian perut Anda disebabkan oleh terjadinya endometriosis, maka segeralah berobat ke dokter.

  1. Penyakit Radang Panggul

Perut sebelah kanan sakit pada wanita juga dapat dijadikan sebagai sebuah gejala dari penyakit radang panggul. Penyakit ini disebabkan oleh penyakit yang sering menular seksual yang tidak dapat terobati. Hal tersebut juga dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan Anda disertai dengan pendarahan pada saat berhunungan seks.

Selain itu gejala lain yang turut menyertainya adalah sara sakit saat berhubungan seksual, rasa terbakar saat ingin buang air kecil, hingga pendarahan selama periode menstruasi. Bila Anda mengalami hal tersebut segeralah untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan perawatan medis yang lebih lanjut.

Demikian penyebab perut sebelah kanan sakit yang terjadi atau dialami pada wanita. Gaya hidup yang sehat harus dilakuakn untuk Anda agar penyakit-penyakit di atas tidak terjadi pada diri Anda. Gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mencegah dari rasa sakit pada perut sebelah kanan yang dialami wanita dapat dilihat pada laman orami.co.id. Semoga bermanfaat.

shares