Mengenal Perkembangan Janin 34 Minggu dan Ibu

Mengenal Perkembangan Janin 34 Minggu dan Ibu

Melihat perkembangan janin 34 minggu memang selalu ditunggu-tunggu oleh ibu. Namun perubahan perkembangan bukan hanya dialami oleh janin namun juga oleh ibu hamil. Ibu tentu akan merasakan beberapa perubahan dikarenakan janin yang juga semakin membesar. Kehamilan 34 minggu artinya si kecil sudah akan tiba ke dunia selama beberapa minggu lagi.

Biasanya ibu sudah akan mulai mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir. Dalam usia kehamilan ini, kesehatan juga masih rentan dan tetap harus dijaga agar si kecil bisa lahir dengan selamat dan sehat ke dunia. Dengan memahami perkembangan janin sesuai usianya juga dapat menguntungkan ibu dan janin.

Perkembangan Janin Usia 34 Minggu

Mendekati usia kehamilan 34 minggu artinya ibu sudah bisa melihat bayi dalam waktu yang dekat. Hari-hari bagaia pun sudah dekat. Hanya ada sekitar 6 minggu lagi dari perkiraan tanggal persalinan bayi Anda. Tubuhnya juga akan segera lahir, beratnya sekitar 2 kg dan panjangnya 45 cm.

Saat lahir, perkembangan janin 34 minggu berat badan bayi bisa mencapai 200-300 gram per minggu. Kulit bayi akan menebal akibat jaringan lemak untuk melindungi tubuhnya dari perubahan suhu. Bayi juga terus menerima antibodi dari ibu untuk memastikan keamanan saat lahir nanti.

Perubahan Fisik Ibu Kehamilan 34 Minggu

Saat kehamilan semakin besar, banyak keluhan yang muncul dialami ibu. Mulai dari mengalami kesulitan tidur, kram kaki hingga buang air kecil berlebihan. Agar tidur bisa lebih nyaman, kembangkan kebiasaan tidur menyamping ke kiri.

Posisi ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, hati, fungsi ginjal, dan pencernaan. Saat perut membesar, hindari tidur telentang karena dapat menyebabkan pusing, perubahan detak jantung dan tekanan darah. Tidur dengan bantal untuk menopang kaki juga dapat mengurangi kram kaki.

Sering buang air kecil di malam hari memang membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Ibu dapat mengatasi ini dengan tidak minum terlalu banyak sebelum tidur. Usahakan untuk banyak minum di pagi, siang dan sore hari. Meskipun lelah, tetap harus buang air kecil dan jangan menahannya karena ini dapat membahayakan organ ginjal serta menyebabkan infeksi kandung kemih.

Salah satu fakta yang jarang diketahui oleh ibu yaitu ternyata semua mata bayi berwarna biru saat di dalam kandungan. Proses pigmentasi memakan waktu beberapa minggu, kemudian terjadi perubahan warna bola mata sesuai dengan gen dan ras orang tua.

Inilah perkembangan janin 34 minggu. Apabila Ibu sedang mencari susu formula untuk si kecil, Bebelac hadir dengan berbagai macam susu formula sesuai dengan umurnya bahkan ada juga varian susu soya bagi yang tidak dapat mentoleransi laktosa ataupun mengalami alergi susu sapi.

shares