Mengenal Calendula, Kandungan Wajib pada Toner Wajah Terbaik

Toner calendula kiehl's

Pernah mendengar tentang bunga calendula? Belakangan ini bunga calendula banyak jadi perbincangan. Bunga yang sekilas mirip dengan bunga daisy ini banyak diperbincangkan bukan karena tampilannya, melainkan khasiatnya. Penasaran apa khasiatnya? Berikut pembahasan tentang bunga calendula yang sering digunakan sebagai bahan toner wajah terbaik.

Bunga  Calendula

Bunga  CalendulaCalendula atau dikenal juga dengan nama marigold adalah salah satu genus tanaman herbal yang memiliki kurang lebih 20 spesies tanaman. Bunga ini berasal dari selatan Eropa dan merupakan kerabat dekat aster, daisy dan bunga matahari, yang tergabung dalam famili Asteraceae.

Di negara asalnya, sejak abad ke-12 calendula sudah dipercaya sebagai penyembuh luka alami dan mampu melemahkan atau membunuh virus. Calendula juga termasuk edible flower, dimana bunga ini aman untuk dikonsumsi. Umumnya calendula digunakan sebagai campuran salad. Perlu diingat, calendula mirip dengan tegates yang tidak bisa dikonsumsi.

Dewasa ini calendula melebarkan sayapnya sebagai bahan produk farmasi dan kecantikan. Species yang umum digunakan sebagai bahan baku produk adalah Calendula Officinalis. Spesies tanaman ini memiliki bunga berwarna kuning, jingga dan keemasan.

Manfaat Calendula

Beberapa produk toner wajah terbaik umumnya memiliki kandungan calendula. Sifat anti-inflamasi dari bunga calendula memberikan banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit, antara lain sebagai berikut.

  • Mengatasi Iritasi Kulit

Iritasi dapat terjadi karena beberapa sebab, yaitu proses eksfoliasi—pengangkatan kotoran dan sel kulit mati—yang salah, goresan atau paparan sinar matahari. Calendula memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi dan memberikan efek menenangkan pada kulit. Calendula juga tergolong aman digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

  • Mengatasi Jerawat

Jerawat terjadi karena adanya infeksi bakteri pada kulit wajah. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, calendula juga memiliki kemampuan anti-bakteri. Penggunaan calendula pada wajah dapat mempercepat penyembuhan jerawat serta mencegah jerawat datang kembali.

  • Menjaga Kelembapan Kulit

Calendula tidak hanya memiliki khasiat mengatasi masalah kulit, tapi juga membantu merawat dan menjaga kesehatan kulit. Bunga cantik ini dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kelembapan kulit akan tetap terjaga. Kelembapan kulit yang terjaga dapat menurunkan potensi terjadinya iritasi kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini.

  • Relaksasi Kulit

Kelopak bunga calendula memiliki kandungan saponin, flavonoid dan polisakarida. Senyawa-senyawa tersebut dikenal mampu merelaksasi kulit. Kemampuan relaksasi calendula juga kerap digunakan untuk menenangkan tubuh dalam bentuk teh.

  • Menangkal Sel Kanker

Merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Nutrition, Washington State University, calendula memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Senyawa anti-oksidan mampu menurunkan jumlah sel tumor dan mencegahnya datang lagi. Selain itu, calendula juga mampu melawan sel kanker usus, leukemia (kanker darah) dan melanoma.

Banyaknya manfaat pada calendula, tak heran jika kandungan bunga ini dijadikan penentu toner wajah terbaik, salah satunya Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner. Kiehl’s memformulasikan toner dari kelopak bunga calendula, Allantoin yang membuat kulit tetap halus dan Great Burdock Root yang beradab-abad digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering.

shares