Manfaat, Syarat, dan Cara Mengecek BPUM UMKM

Manfaat, Syarat, dan Cara Mengecek BPUM UMKM

Seperti yang diketahui bahwa sejumlah bantuan sosial dari pemerintah masih terus digulirkan guna membantu pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Dari sekian banyak bantuan tersebut salah BPUM UMKM.

Nah, bicara soal BPUM UMKM, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang Manfaat, syarat, dan cara cek BPUM UMKM sebagai berikut.

Manfaat BPUM BRI

  1. Membantu Mengurangi Angka Pengangguran

Manfaat BPUM BRI yang pertama adalah membantu menekan angka pengangguran di Indonesia. Dalam hal ini, berdasarkan data di BPS, hasil survey menunjukkan bahwa per Mei 2021 adanya penambahan sedikitnya 760 ribu orang yang menjalankan usaha (UMKM) baru dengan peningkatan buruh informal sebesar 4,5 juta.

Dengan adanya bantuan BPUM ini memberikan dampak yang positif bagi para pelaku usaha UMKM yang terbukti mampu menekan pengangguran yang muncul akibat pandemi Covid-19.

  1. Mendorong Munculnya Wirausaha Baru

Walaupun dari segi kuantitas tidak terlalu banyak, akan tetapi dengan adanya pemberian bantun BPUM ini sangat bermanfaat untuk mendorong munculnya wirausaha baru. Lantaran hal ini memungkinkan seseorang yang mengangur atau kena PHK bisa merintis suatu usaha/bisnis baru.

Sedangkan bagi pelaku usaha yang sebelumnya mengalami hambatan soal permodalan dan harus menutup usahanya bisa membuka jenis usaha baru yang prospeknya lebih menjanjikan. Dengan adanya pemberian BPUM ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang optimal bagi para pelaku UMKM.

  1. Mengembangkan UMKM

Manfaat BPUM lainnya adalah mengembangkan aktivitas UMKN yang telah dirintis. Dengan adanya bantun BPUM ini diharapkan UMKM dapat semakin berkembang dan mampu membuka lapangan kerja baru yang dapat dapat mewadagi para korban PHK atau yang masih menganggur.

Syarat Penerima Bantuan UMKM

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dan pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya
  • Bukan Aparatur Sipil Negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD
  • Pencairan bantuan UMKM 2022 sebesar Rp 600 ribu hanya sekali untuk setiap penerima yang memenuhi syarat.

Cara Mengecek BPUM UMKM

Lantas, bagaimana cara cek BPUM untuk UMKM?

Untuk mengecek apakah kamu termasuk penerima bantuan UMKM, kamu bisa mengakses laman e-form BRI UMKM 2020 di eform.bri.co.id/bpum.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser lalu masuk ke laman eform.bri.co.id/bpum
  • Masukkan nomor KTP (NIK)
  • Kemudian masukkan kode verifikasi
  • Klik proses inquiry
  • Lalu layar akan menampilkan pemberitahuan apakah kamu termasuk penerima bantuan UMKM 2022 atau tidak

Selain melalui e-Form BRI, kamu juga bisa mengecek bantuan BPUM melalui laman banpresbpum.id. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Yang pertama silahkan kamu akses laman banpresbpum.id. di ponsel kamu dan masukkan NIK atau nomor KTP.
  • Lalu klik menu Cari dan coba dicek apakah nama kamu terdaftar sebagai penerima bantuan BPUM atau belum.
  • Jika sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, maka kamu bisa segera melakukan prosedur pencairan.

Namun, jika nama kamu belum ada saat melakukan pengecekan, bisa jadi hal itu dikarenakan data sedang dalam proses atau ada syarat yang belum terpenuhi.

Mungkin itu saja artikel kali ini semoga bermanfaat khususnya bagi kamu yang ingin mengetahui seputar BPUM UMKM.

shares