Makanan untuk Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh Anak

Makanan untuk Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh Anak

Memasuki musim hujan, anak-anak rentan terserang penyakit yang diakibatkan beragam faktor. Seperti kurangnya asupan bernutrisi, serta kurang beristirahat. Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh anak yang bisa Anda terapkan. Salah satunya dengan mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Bukan hanya rutin makan sesuai jadwal, anak juga bisa diajarkan untuk memahami mana makanan bernutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.

Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Asupan yang dikonsumsi anak memiliki peran penting dalam mengkondisikan tubuh kecilnya yang masih rentan. Bisa dibilang, makanan adalah sumber dari kondisi kesehatannya yang kemudian dilanjutkan dengan tingkat kebersihan dan kondisi lingkungan. Beberapa jenis makanan berikut bisa jadi pilihan karena kandungan nutrisinya yang mampu jaga daya tahan tubuh, yaitu:

1.     Ikan Salmon

Jenis ikan yang bisa dipilih karena kaya akan nutrisi, khususnya kandungan omega 3 ialah ikan salmon. Ikan satu ini memang sudah terbukti dan banyak diandalkan sebagai bahan makanan tinggi nutrisi dengan cita rasanya yang khas. Biasanya anak-anak mudah untuk menyukai ikan salmon. Anda bisa menyajikan dengan mengukusnya, atau memasaknya sebentar di atas teflon menggunakan sedikit minyak.

2.     Buah-Buahan

Tidak sedikit anak yang kurang menyukai buah-buahan, padahal makanan ini sangat berperan dalam cara menjaga kesehatan tubuh dan tingkatkan daya tahan. Anda bisa coba ajarkan si kecil sedini mungkin untuk menyukai buah, maupun sayuran. Biasanya anak-anak yang kurang suka makan buah atau sayur dilatarbelakangi orangtua yang juga tidak rutin konsumsi keduanya. Atau pun mengenalkan anak makanan kurang sehat di usia awalnya.

3.     Bayam dan Brokoli

Dari banyak jenis sayuran, bayam dan brokoli bisa jadi sayuran rutin yang masuk ke dalam menu makanan anak sehari-hari. Keduanya tinggi nutrisi dengan kandungan diantaranya vitamin c, vitamin e, dan selenium. Selenium sendiri menjadi kandungan yang berfungsi untuk melindungi sel dalam tubuh dari paparan radikal bebas, sehingga bantu tingkatkan daya tahan tubuh.

4.     Susu

Asupan yang tidak boleh dilewatkan ialah susu. Berbagai jenis susu anak bisa Anda temui di pusat perbelanjaan, bukan? Umumnya semua produk susu tersebut mengandung beragam kandungan nutrisi, vitamin, hingga mineral yang mampu menyeimbangkan kebutuhan gizi si kecil. Rutin minum susu akan membuat anak lebih berenergi.

Selain itu susu yang mengandung kalsium bisa memaksimalkan proses tumbuh kembang dengan menguatkan tulang, gigi, serta otot pada tubuhnya.

Dalam menerapkan aneka cara menjaga kesehatan tubuh di atas, harus juga dilengkapi dengan aktivitas positif yang membuat si kecil aktif seperti berolahraga. Jangan lupa pilih produk makanan dan minuman berkualitas yang mengandung nutrisi penting sesuai kebutuhan anak Anda. Selain memilih produk, cara mengolahnya pun harus diperhatikan agar nutrisi di dalamnya bisa diserap lebih maksimal.

shares