Langkah Cara melihat hasil Google Form

Langkah Cara melihat hasil Google Form

Dalam era globalisasi yang serba instan dan efektif ini membuat kita sebagai manusia jaman ini dimudahkan dengan segala halnya. Tidak hanya dimudahkan dalam prosesnya tetapi untuk hasilnya pun dibuat secepat dan semudah mungkin sehingga kita tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan segala halnya. Ketika kita mulai berkuliah atau bekerja contohnya, kita dimudahkan dengan banyaknya platform yang membantu kita dalam menyelesaikan segala tugas. Salah satunya ketika kita sedang kuliah tingkat akhir dimana disini kita sering sekali diminta untuk dibuatkan formulir pendaftaran suatu acara atau mungkin diperlukan untuk membuat kuesioner pada tugas akhir kita. Ketika dua hal ini berlangsung diera globalisasi  yang dipenuhi dengan kemudahan dan keefesienan, teknologi menjadi hal utama yang bisa membantu kita agar mendapatkan hasil yang cepat. Saat ini teknologi sudah dibantu dengan internet yang bermanfaat untuk membantu kita dalam melakukan pembuatan maupun penyebaran terhadap kuesioner maupun formulir. Sekarang sudah banyak platform platform diluar sana yang digunakan  sebagai pembantu pembuatan formulir dan juga kuesioner, salah satunya adalah Google Form.

Beberapa diantara kita pasti sudah mengenal yang namanya Google Form ini. Google Form merupakan suatu inovasi terbaru dari Google Docs yang dimana membantu manusia dalam membuat formulir secara online, mengumpulkan data tanpa harus mencatat dikertas, dan merangkum hasil data dengan mudah tanpa harus dilakukan secara manual. Google Form ini memang memudahkan banyak pekerjaan termasuk orang orang yang sedang membuat formulir pendaftaran kerja, seminar, lomba atau hal lainnya. Banyak yang bertanya bagaimana cara membuat formulir dari Google Form ini?

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah membuka link form.google.com lalu anda bisa memilih blank atau pilih template yang diinginkan. Atau jika anda datang dari drive.google.com milik anda, maka anda bisa memilih New lalu lainnya nanti dibagian samping akan terlihat Google Forms. Disini anda juga bisa memilih Blank Form atau From a template. Setelah anda selesai memilih template dan membukanya maka anda bisa menamain formulir yang anda pilih dibagian kiri atas. Terdapat tulisan Untitled form atau nama formulir template yang bisa diubah dengan nama formulir yang anda inginkan. Nah jika anda ingin menambahkan deskripsi pada formulir maka anda bisa menambahkannya dibagian bawah nama form dengan menambahkan teks, lalu jika anda ingin mengubah tema warna dari template maka anda bisa mengklik palet warna yang sudah tersedia dan tinggal pilih warna atau tema apa yang anda inginkan.

Selain itu anda pun bisa melihat hasil dari pengumpulan data yang sudah dilakukan. Cara melihat hasil google form bisa dilakukan dengan membuka Google Form yang anda buat, lalu anda bisa memilih opsi Responses atau Tanggapan yang tersedia pada bagian atas form. Nah disini anda bisa melihat berbagai hasil atau tanggapan yang sudah didapatkan dari pengumpulan data sebelumnya. Setelah itu, nanti anda akan melihat terdapat dua buah opsi yaitu Ringkasan dan Individual. Pada bagian ringkasan anda akan melihat sebuah rangkuman atau Summary mengenai seluruh hasil data secara menyeluruh, sedangkan individual merupakan data perorangan dari para perespon form. Bila anda ingin mudah dalam membaca data maka anda bisa menggunkana fitur Spreadsheet yang bisa didownload pada bagian atas kanan. Nanti hasilnya akan ditampilkan di excel secara menyeluruh dan ringkas.

shares