Lakukan 6 Cara Ini Sebelum Aki Mobil Mati

Lakukan 6 Cara Ini Sebelum Aki Mobil Mati

Mobil tidak bisa menyala dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah tidak berfungsinya dari fungsi aki mobil itu sendiri. Apabila aki tidak bisa digunakan, Anda jangan terburu-buru mengganti dengan aki yang baru. Sebelum hal itu terjadi, Anda bisa mencegah terjadinya kerusakan yang akut dari aki mobil. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sebelum aki mobil Anda mati

1. Panasi Mobil

Bagian terpenting dari fungsi aki mobil adalah menjaga agar aki tetap teraliri dengan listrik. Pastikan aki mobil Anda tetap menyala meskipun Anda tidak bepergian jauh. Apabila Anda punya tugas keluar kota atau Anda yang memiliki mobil lebih dari satu, pastikan Anda melakukannya secara adil dengan cara merawatnya dengan baik. Usahakan setiap pagi, Anda memanaskan mobil Anda meskipun tidak lama. Setidaknya 15 menit setiap hari dan bisa Anda lakukan sebelum tidur atau sesudah bangun tidur. Apabila Anda menjaga rutinitas seperti ini, dapat dipastikan mobil Anda masih layak digunakan untuk dijalanan.

2. Bersihkan Aki

Meskipun Anda tidak berniat untuk pergi ke tempat manapun, jangan lupa Anda harus membersihkan aki saat tidak dipakai. Selain Anda melakukan cara seperti langkah sebelumnya, Anda juga harus membersihkan secara berkala. Ada salah satu komponen bagian dari aki yaitu terminal aki yang harus Anda cek kebersihannya. Karena biasanya bagia ini tertutup oleh debu dan kotoran yang bisa jadi akan menghambat arus listrik dalam aki tersebut.

Selain itu, bersihkan air aki agar tetap jernih. Bagi Anda yang masih menggunakan mobil lama biasanya ada beberapa jenis aki yang mengandung air tidak jernih. Anda bisa mendatangi langsung pada tukang aki terkait pembersihannya atau Anda juga bisa menukarkan aki lama dengan aki yang baru.

3. Lepas Kabel

Jika Anda berniat tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda melepas kabel aki dari terminal. Cara ini bisa Anda lakukan sebagai langkah preventif untuk menghindari arus listrik yang tidak terpakai sehingga sia-sia. Apabila Anda membiarkan arus listrik tetap mengalir meskipun mobil Anda tidak terpakai, hal ini bisa menyebabkan aki mobil Anda semakin cepat rusak.

4. Lepas Aki

Apabila Anda memang ingin menjaga kualitas dari aki mobil yang tidak Anda pakai, lebih baik Anda melepas aki. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai langkah menjaga aki dari karatan dan kerusakan yang diakibatkan dari gigitan tikus. Mesin mobil yang dingin dan jarang sekali Anda buka, cek dan panasi, bisa menjadi lahan tempat tikus berkumpul.

Apabila tikus sudah berkumpul, kemungkinan terbesar adanya kerusakan semakin besar karena tikus merupakan hewan pengerat yang dapat melakukan kerusakan terhadap aki mobil. Jika sudah begini, Anda bisa melepas aki dan menyimpannya pada kardus sekaligus menyimpan pada lemari yang aman dan terbebas dari jangkauan tikus tersebut.

5. Pasokan Listrik

Jika Anda sudah melepas aki dan menyimpan pada tempat yang tepat, usahakan Anda selalu mengecek pasokan listrik dalam aki. Hal ini merupakan salah satu cara agar aki tetap dalam kondisi baik. Penyuplaian listrik bisa Anda lakukan dengan cara memanasi mobil atau dengan menyetrum pada tukang aki yang berada disekitar Anda.

Jika dalam memanasi mobil, ternyata tidak menyala berarti aki Anda harus disetrum. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan cadangan listrik di dalam aki mobil Anda mulai menipis bahkan habis karena terlambat mengisi listrik.

6. Cek Lampu

Biasanya lampu dan klakson juga menandakan bahwa kondisi aki mobil dalam kondisi yang baik atau tidak. Anda harus peka dengan sinar warna dari lampu apapun itu jenisnya bahkan suara klakson. Hal ini disebabkan aliran listrik yang berasal dari aki tidak bisa mengaliri secara maksimal dan merata kepada bagian-bagian lainnya.

Jika Anda sedang mengendarai mobil dan Anda merasakan lampu atau klakson tidak berfungsi seperti mestinya, Anda harus siap-siap membawa aki mobil ke tukang aki. Selain itu, saat Anda sedang memanaskan mobil jangan sekali-kali membuka kaca mobil. Pasalnya, aki yang tidak cukup aliran listriknya juga bisa mempengaruhi pada kaca mobil. Anda yang sudah terlampau menurunkan kaca mobil pada kondisi aki tidak baik, maka kaca mobil Anda tidak bisa naik kembali.

Jadi, ada baiknya Anda harus selalu memperhatikan tanda-tanda dan merawat aki mobil sebelum akhirnya mati. Apabila sudah parah, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Cek juga  terkait harga aki mobil yang cocok dengan budget Anda.

shares