Klasemen Liga 1 2019

Klasemen Liga 1 2019

Klasemen Liga 1 2019: Sengit di Bawah!

Liga 1 2019 tinggal menyisakan empat pekan lagi, meski sudah menghasilkan juara yakni Bali United, 17 klub lainnya masih harus tampil ngotot demi berbagai kepentingan, yakni meraih jatah tampil di Asia atau untuk menghindari zona degradasi. Saat ini, ketiga klub yang menghuni zona degradasi, yakni Badak Lampung, Kalteng Putra, dan Semen Padang masih memiliki peluang untuk menyelamatkan diri dari jeratan degradasi.

Setelah Bali United, peringkat kedua klasemen saat ini dihuni oleh Persipura Jayapura dengan 47 poin dari 30 pertandingan. Mutiara Hitam, julukan klub kebanggaan masyarakat Papua ini, ditempel erat oleh Borneo FC yang hanya terpaut satu angka di peringkat ketiga klasemen.

Posisi keempat dan kelima saat ini ditempati oleh Bhayangkara FC dan Madura United, keduanya sama-sama mengoleksi 44 poin. Kedua klub tentunya akan tampil maksimal di sisa pertandingan yang ada demi mengatrol posisi di klasemen sementara dan merebut jatah tampil di kompetisi Asia.

Persaingan sengit juga masih terjadi di posisi keenam, ketujuh, dan kedelapan klasemen sebab tiga klub yakni Arema FC, PSS Sleman, dan PSM Makassar sama-sama memiliki tabungan poin yang identik yaitu 43 poin. Mereka diikuti oleh Persebaya di peringkat kesembilan klasemen yang terpaut satu angka. Klub-klub tersebut bisa dibilang sudah aman dari jeratan degradasi, namun masih bisa melorot atau meningkat peringkatnya tergantung hasil di empat pekan tersisa.

Persib Bandung di peringkat ke-10 klasemen juga hanya membutuhkan satu angka lagi untuk mengamankan diri dari zona degradasi meski menderita kekalahan di dua laga terakhir. Peringkat 11 kebawah masih harus was was dengan pesaing mereka di klasemen sementara. TIRA-Persikabo dan Persija Jakarta serta Barito Putera dan PSIS Semarang memang tinggal selangkah lagi memastikan keikutsertaan di Liga 1 2020, namun satu atau dua hasil buruk bisa saja menarik mereka ke zona degradasi. Persela menghuni titik aman terakhir dengan torehan 34 poin dari 30 laga.

shares