Jenis Wire Rope dan Manfaatnya di Bidang Industri

Jenis Wire Rope dan Manfaatnya di Bidang Industri

Wire rope atau kawat seling merupakan sejenis kawat baja khusus pembuatan tali baja yang banyak digunakan untuk mengangkat alat-alat berat. Alat yang satu ini lebih banyak digunakan di beberapa industri karena dikenal lebih kuat dan tahan lama. Dengan menggunakan kawat seling, barang-barang dengan bobot berak akan lebih mudah diangkat. Untuk itu, tidak sedikit yang mencari toko yang jual wire rope berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Kawat seling dibedakan menjadi tiga macam. Ada kawat seling general, kawat seling stainless steel, dan kawat seling high performance. Ketiga jenis kawat tersebut tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, apa saja perbedaannya? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Kawat Seling General

Kawat seling yang satu ini dinamakan general karena fungsinya bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Banyak industri yang menggunakan kawat yang satu ini untuk menarik berbagai jenis barang. Misalnya, di industri perkapalan, minyak dan gas, konstruksi, dan masih banyak lagi. Harga wire rope yang satu ini bisa dibilang tidak terlalu mahal.

  • Kawat Seling Stainless Steel

Kawat seling yang terbuat dari stainless steel tidak sekuat jenis kawat yang lainnya. Kawat yang satu ini memiliki kekuatan yang rendah, sehingga tidak cocok digunakan untuk menarik barang-barang berat. Biasanya, kawat yang satu ini banyak digunakan sebagai alat kait, alat ikat, dan hiasan atau dekorasi karena permukaannya yang berkilau sehingga memberikan kesan cantik.

  • Kawat Seling High Performance

Terakhir, ada jenis kawat seling high performance. Jika dilihat dari namanya, kawat yang satu ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan dua jenis kawat di atas. Fungsinya tidak lain untuk berbagai kebutuhan ekstrem dengan rentang pemakaian yang sering.

Fungsinya selalu diterapkan dalam crane besar di berbagai industri. Misalnya, industri konstruksi, minyak dan gas, dan lain-lain. Selain itu, kawat ini juga berfungsi untuk menarik dan mengangkat barang-barang dengan bobot yang berat tentunya dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Manfaat Kawat Seling

Kawat seling bisa dimanfaatkan di berbagai industri,yaitu sebagai berikut.

  • Industri Perikanan

Di Industri perikanan, kawat seling sering digunakan untuk menarik jala penangkap ikan.

  • Industri Perkapalan

Untuk industri perkapalan, kawat yang satu ini sering dijadikan untuk komponen crane, mooring agar kapal bisa bersandar di pelabuhan, menarik kapal yang sedang rusak, dan mengikat barang di kapal.

  • Industri Minyak dan Gas

Khusus industri minyak dan gas, kawat seling sering digunakanan untuk drilling line atau mengulur bor.

  • Industri Mining

Sedangkan pada industri mining, kawat seling juga bisa digunakan untuk shovel, clamshell atau grab.

  • Industri Konstruksi

Kawat seling di industri konstruksi sering digunakan sebagai pegangan jembatan, kawat support untuk tower crane, membantu mengangkat alat paku bumi, dan pengangkat dan penurun elevator.

  • Industri Telekomunikasi

Wire rope atau kawat seling juga bisa digunakan di industri komunikasi. Biasanya kawat ini digunakan untuk guy wire atau menstabilkan antena atau tower.

  • Industri Logging

Industri logging atau kayu juga sering menggunakan kawat seling Alat ini sering digunakan untuk mengikat atau menarik kayu. Jadi, toko jual wire rope banyak dicari untuk keperluan industri ini.

  • Industri Gondola

Di industri gondola, kawat seling yang dibutuhkan adalah yang berukuran besar yang digunakan untuk membangun gondola itu sendiri.

Itulah fungsi dan manfaat wire rope atau kawat seling. Anda bisa mencari tempat jual wire rope murah dan berkualitas di distributor wire rope terdekat.

shares