Ini Dia 5 Cara Terbaik Minum Kopi Hitam

Ini Dia 5 Cara Terbaik Minum Kopi Hitam

Kopi hitam punya banyak penggemar meskipun rasanya pahit dan kental. Justru dari pahitnya kopi ini ada daya tarik yang sulit ditolak bahkan membuat ketagihan. Bagi Anda yang mungkin tak terbiasa dengan rasa kopi yang autentik ini mungkin bisa mencoba beberapa cara untuk menikmatinya.

Cara Menikmati Kopi

Menyesap secangkir kopi ternyata bisa memberi berjuta pengalaman. Para penikmat kopi pasti sudah merasakannya. Bagi Anda yang baru ingin berkenalan dan mencoba minum kopi pekat, ini 5 cara yang bisa dilakukan.

1.     Hirup Dulu Aromanya

Agar kenikmatan kopi bisa lebih terasa, hirup dulu aroma yang menguar dari cangkir kopi Anda. Aroma kopi adalah salah satu jenis aroma yang bisa membuat pikiran terasa jauh lebih tenang. Sayang sekali kalau aroma kopi panas yang akan Anda minum dilewatkan begitu saja.

Mencium aroma kopi ternyata juga menjadi cara ampuh untuk membangkitkan selera Anda. Hal ini juga akan berpengaruh pada kenikmatan rasa kopi yang akan Anda minum. Tak perlu terburu-buru, hirup aromanya sambil menutup mata untuk mendapatkan sensasi terbaik.

2.     Seduh dengan Cara Tepat

Jangan asal seduh, ternyata menyajikan kopi juga ada aturannya. Jika Anda ingin mendapatkan rasa kopi terbaik sangat disarankan untuk menyeduh dengan perbandingan 1:10. Satu sendok makan serbuk kopi diseduh dengan 10 sendok makan air panas.

Perbandingan kopi dan air ini memang bukan aturan pasti hanya saja ini adalah takaran yang akan menghasilkan rasa kopi paling nikmat. Kopi yang dibuat dengan perbandingan ini akan terasa lebih mantap di lidah.

3.     Siapkan Camilan

Nikmati kopi hitam Anda dengan camilan favorit. Secangkir kopi dan camilan pasti sangat cocok untuk meningkatkan mood. Biasanya kopi memang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan besar, tapi tidak ada salahnya untuk tetap menyantap camilan. Cara ini juga cocok diterapkan bagi Anda yang punya masalah lambung agar kopi yang diminum tidak membuat Anda sakit perut.

4.     Jangan Langsung Diminum

Hindari meminum kopi segera setelah diseduh. Apalagi jika kopi masih begitu panas. Hal ini akan membuat Anda kehilangan kenikmatan dari rasa kopi itu sendiri. Lebih baik tunggu kurang lebih 5 menit baru minum kopi Anda. Cara ini akan jauh lebih aman bagi lidah dan Anda juga bisa menikmati rasa kopi dengan lebih nyaman.

5.     Perhatikan Waktu Minum

Sebenarnya Anda bebas ingin menikmati kopi kapan saja. Tapi, demi kenyamanan dan kebaikan diri sendiri usahakan untuk minum kopi di bawah jam 2 siang. Di atas jam 2 siang, hindari mengonsumsi kafein dalam kopi. Jika Anda tetap meminum kopi, maka Anda mungkin sulit tidur tenang di malam hari.

Lakukan 5 cara minum kopi hitam ini dan rasakan kenikmatannya. Kalau bisa, jangan gunakan kopi instan karena kualitas rasanya pasti akan jauh berbeda. Batasi juga konsumsi kopi agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

shares