Ingin Sepatu Awet? Ketahui Tips Merawat Sepatu yang Tepat dengan Cara Ini!

Ingin Sepatu Awet? Ketahui Tips Merawat Sepatu yang Tepat dengan Cara Ini!

Untuk membuat sebuah sepatu, ada banyak bahan yang digunakan. Jika kamu memiliki sepatu Brodo kulit biasanya akan tercantum jenis kulit apa yang digunakan untuk membuat sepatu tersebut.

Mengapa bahan pembuatan sepatu dicantumkan? Karena merawat sepatu tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara. Merawat sepatu kulit asli tentu berbeda dengan merawat sepatu kulit sintetis.

Umumnya, sepatu Brodo kulit terlaris dibuat dengan bahan kulit pull up. Jenis bahan ini memang menjadi pilihan utama untuk sepatu pantofel yang elegan dan classy. Bahan pull up sendiri adalah jenis bahan kulit yang memiliki karakteristik elastis, kuat, memiliki daya tahan yang baik, serta tidak berbulu.

Meski daya tahannya baik, bukan berarti harus diabaikan dong? Malah seharusnya perawatan sepatu harus diperhatikan sebaik mungkin. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu Brodo kulit :

1.    Jangan simpan di tempat lembap

Sepatu Brodo kulit yang disimpan di tempat lembap dapat mempercepat proses kerusakan, seperti tekstur kulit yang pecah bahkan tumbuh jamur di dalam sepatu. Oleh sebab itu, pastikan sepatu disimpan ditempat kering dengan sirkulasi udara yang baik.

Ada baiknya juga jika sepatu diangin-anginkan dengan rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

2.    Hindari membungkus sepatu dengan plastik

Bahan kulit pada sepatu yang menempel pada plastik dapat membuat warna sepatu menjadi kusam dan pudar. Selain itu plastik juga dapat mempercepat tumbuhnya jamur pada permukaan sepatu karena udara yang lembap ketika dibungkus.

Ketimbang plastik, kamu bisa menggunakan dust bag untuk membungkus sepatu selagi disimpan.

3.    Masukkan silica gel ke sepatu

Ketika sepatu dipakai lama, biasanya bau kaki tertinggal di sepatu. Agar terhindar dari baunya yang tidak sedap kamu bisa memasukkan silica gel ke dalam sepatu. Tak hanya mencegah bau tidak sedap dalam sepatu, silica gel juga dapat menyerap kelembapan sehingga cocok disimpan di dalam sepatu.

4.    Bersihkan sepatu dengan rutin

Kamu dapat membersihkan sepatu tipis-tipis setelah dipakai seharian dengan cara menyikat lembut sepatu dan mengelapnya hingga kering. Setelahnya, simpan sepatu pada tempat yang sesuai.

5.    Bersihkan sepatu dengan lotion tertentu

Jika sepatumu kotor selepas digunakan beraktivitas, bersihkan dengan lotion khusus pembersih sepatu. Kamu cukup mengaplikasikannya secara perlahan dengan spons yang aman agar tidak merusak permukaan sepatu. Setelah menggunakan lotion, sepatu akan terlihat lebih bersih dan kinclong.

Untuk semir sepatu, ada baiknya untuk tidak terlalu sering digunakan. Karena tujuan dari menyemir adalah untuk menajamkan dan mempertebal warna sepatu. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengaplikasikan lotion pada permukaan sepatu kulit.

Dalam beberapa kondisi juga, terlalu sering menggunakan semir sepatu akan membuat sepatu tampak kaku dan kering. Jadi, kamu bisa melewati untuk tahap menyemir sepatu.

Mudah kan cara merawat sepatu Brodo kulit? Segera terapkan agar sepatumu tetap terlihat baru dan sedap dipandang!

shares