Informasi Mesin Kopi Manual di Dolce Gusto dan Cara Menggunakannya

Informasi Mesin Kopi Manual di Dolce Gusto dan Cara Menggunakannya

Sejak dahulu kopi merupakan sebuah minuman yang sangat cocok untuk bersantai dan menikmati suasana. Aroma, citarasa dan cara pembuatan kopi yang berbeda di setiap daerah memberikan kesan tersendiri bagi penikmat kopi. Membuat kopi saat ini lebih mudah karena dapat dilakukan dengan menggunakan mesin kopi manual atau otomatis Dolce Gusto.

Jenis Mesin Kopi yang Dijual Umum

Berikut ini beberapa jenis mesin kopi manual dan cara pembuatannya :

  1. French Press

Alat untuk membuat kopi yang pertama adalah french press yang terdiri dari tabung kaca, plunger dan alat penyaring. Cara membuatnya adalah dengan menuang air panas ke dalam tabung kaca yang sudah berisi kopi. Kopi tersebut sudah dihaluskan dan setelah terisi air panas tunggu selama 4 menit.

Setelah 4 menit kita dapat menekan plunger secara perlahan hingga plunger sampai ke dasar. Setelah itu kita diamkan sejenak kemudian tuang di gelas dan kopi tanpa ampas siap disajikan.

  1. Moka Pot

Alat kopi moka pot merupakan alat kopi tradisional dari Italia. Orang yang menciptakan alat ini bernama Alfonso Bialetti dan dia berhasil membuat alat ini pada tahun 1933. Cara menggunakan alat ini sangat mudah, kita hanya perlu memasukkan bubuk kopi dan merebusnya hingga mendidih.

Adanya tekanan dari uap akan membuat bubuk kopi tertekan ke atas menembus saringan di atas dan meninggalkan cairan kopi di bawahnya. Air kopi itulah yang dinamakan kopi espresso.

  1. V60

Sebenarnya ini adalah alat paling sederhana yang diciptakan oleh perusahaan Hario di Jepang pada tahun 2004. Alat ini merupakan kertas filter khusus yang dibuat untuk membuat kopi.

Alat ini digunakan pertama kali untuk membuat kopi di Tokyo dan cara menggunakannya sangat sederhana. Kertas filter kita siapkan kemudian kita tuangkan bubuk kopi pada kertas filter.

Kemudian letakkan kertas filter tersebut di atas corong seperti huruf V. Setelah itu tuang air mendidih ke atas corong yang berisi kertas filter dan kopi. Hasil air yang melewati bubuk kopi dan kertas filter itulah yang akan kita nikmati sebagai kopi.

Varian Mesin Kopi Dolce Gusto

Jika setelah melihat informasi tadi kita merasa kesulitan, maka cara termudah adalah dengan menggunakan mesin kopi dari Dolce Gusto. Berikut ini varian mesin kopi yang disediakan :

  1. Mesin kopi Mini Me
  2. Mesin kopi Drop
  3. Mesin kopi Genio
  4. Mesin kopi Lumio

Itulah tadi informasi mengenai beberapa sejarah alat pembuat kopi secara manual. Mesin kopi manual terkadang memang dapat memberikan sensasi berbeda dalam membuat kopi. Namun jika kita tidak memiliki kemampuan untuk membuat kopi secara manual, maka mesin kopi dari Dolce Gusto adalah jawabannya.

shares