Hindari Kebiasaan Berikut Agar Kolesterol Tidak Melonjak Drastis

Hindari Kebiasaan Berikut Agar Kolesterol Tidak Melonjak Drastis

Penyebab kolesterol naik lagi lagi membuat orang pusing tujuh keliling. Pada dasarnya, kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel- sel sehat, namun apabila kadarnya terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat aliran darah. Kolesterol berasal dari makanan produk hewani seperti telur, daging, susu dan lain lain. Kadar kolesterol dalam batas normal adalah tidak lebih dari 200 mg/dl, selebihnya kolesterol akan menimbun dalam darah dan menimbulkan berbagai macam penyakit serius, seperti stroke, darah tinggi bahkan serangan jantung.

Kelebihan kolesterol dapat menyempitkan dan mengeraskan pembuluh darah yang menimbulkan penyumbatan darah, apabila terjadi pada otak maka akan menyebabkan stroke. Tersumbatnya aliran darah bisa berakibat fatal karena mengurangi suplai darah yang mengalir ke jantung yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada dada dan bisa menjurus ke penyakit jantung. Penyebab kolesterol naik sering dipicu oleh kebiasaan yang tidak sehat. Berikut beberapa kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah penyakit kolesterol.

Kebiasaan merokok

Menurut penelitian, merokok dapat meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Karena rokok mengandung zat- zat akrolein yang bisa menaikkan lemak jahat. Kolesterol jahat akan menghalangi cara kerja enzim yang vertanggung jawab dalam menjaga kadar LDL agar tetap normal. Semakin tinggi kadar kolesterol jahat semakin menumpuk pula kolesterol dalam darah, dan penyumbatan darah tak terelakkan lagi. Berhenti merokok, bisa mencegah penyakit kolesterol sekaligus penyakit jantung. 20 menit setelah berhenti merokok, detak jantung dan tekanan darah menjadi stabil, jika selang beberapa bulan berhenti merokok, sirkulasi darah dan paru-paru bisa membaik dan menurunkan resiko penyakit jantung. Karena dampaknya tidak hanya bagi si perokok, namun perokok pasif juga terkena imbasnya, maka lebih baik berhenti mulai sekarang.

Kelebihan berat badan

Berat badan berlebih, biasanya adalah pertanda penumpukan lemak di tubuh. Kondisi tersebut juga bisa menimbulkan penimbunan lemak pada darah. Kebiasaan makan yang berlebihan dan mengandung banyak kalori adalah penyebabnya.Dalam tubuh orang dewasa rata- rata membutuhkan 2000 kalori tiap harinya, jika berlebih maka dilebihkan pada berat badan. Mengatur pola makan yang sehat bisa menurunkan resiko berat badan berlebih. Makanan cepat saji rata- rata mengandung 465 mg kolesterol per saji, untuk itu menghindari junk food adalah solusi terbaik.

Malas bergerak

Kurang aktif bergerak bisa menjadi salah satu pemicu tingginya kadar kolesterol. Karena lemak akan terus menumpuk jika tidak dilakukan pembakaran kalori. Jika pola makan sudah sehat namun tidak diimbangi dengan olahraga ringan, maka kemungkinan penumpukan kolesterol masih mungkin terjadi. Pilihlah jenis olahraga yang mudah tapi sebisa mungkin rutin dilakukan. Terlebih, bagi yang sudah menderita kolesterol, disarankan berolahraga minimal 30 menit lima kali dalam seminggu.

Demikian beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kolesterol naik. Semoga Anda terhindar dari penyakit tersebut dan dapat menghindari kebiasaan buruk yang berakibat munculnya penyakit kolesterol.

shares