Gula Darah Tinggi, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Gula Darah Tinggi, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan salah satu gejala penyakit yang umum terjadi pada seseorang. Terutama bagi mereka yang kurang menjaga pola makan dan gaya hidup yang baik.

Meskipun demikian, penyakit gula ini dapat kita kenali dan ketahui gejalanya sedini mungkin. Sehingga dalam penanganan dan penyembuhannya dapat kita lakukan dengan sebaik mungkin.

Gula Darah Tinggi, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Umumnya, hiperglikema merupakan kondisi maupun keadaan ketika kadar glukosa di dalam darah mengalami kenaikan. Kondisi semacam ini sangat umum dan sering terjadi pada mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Tentu saja, hal tersebut sangat berbahaya bila terjadi secara berangsur-angsur maupun secara terus-menerus. Maka dari itu, mengenali gejala gangguan kesehatan ini sedini mungkin adalah langkah dan pertimbangan yang sangat bijaksana.

Gejala serta Tanda Gula Darah Tinggi

Gejala hiperglikemia pada seorang yang menderita penyakit diabetes cenderung berkembang secara perlahan-lahan dalam beberapa hari atau minggu. Pada beberapa kasus, mungkin saja gejala tersebut tidak terlihat, hingga pada akhirnya kadar gula menjadi meningkat.

Untuk itulah, sebagai bentuk serta upaya mencegah semakin parahnya penyakit tersebut, kenali gejala-gejalanya sebelum terlambat. Gejala hiperglikemia diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi, dari 130 miligram per desiliter (mg/dl) sebelum mekan. Atau dengan kata lain kadar glukosa darah di atas 180 mg/dl sekitar 2 jam setelah makan.
  • Mengalami rasa haus yang meningkat atau dehidrasi
  • Mengalami penurunan berat badan yang tanpa sengaja
  • Kondisi penglihatan yang kabur
  • Detak jantung yang cepat dari biasanya.
  • Mudah lelah atau kelelahan.
  • Sakit perut, sakit kepala, atau nyeri pada bagian tubuh lainnya.
  • Mulut kering, sariawan, dan gejala umum lainnya

Penyebab Hiperglikemia

Tak hanya mengetahui apa saja gejala gula darah tinggi, penyebab dari hiperglikemia ini juga tak kalah pentingnya untuk kita waspadai. Terdapat beberapa pemicu yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kenaikan gula darah.

Mulai adanya gangguan pankreas hingga terjadinya infeksi kronis. Untuk memberikan tambahan informasi bagi kita agar semakin berhati-hati dengan penyakit ini, berikut adalah penyebab-penyebabnya.

  • Terjadinya infeksi.
  • Mengalami stres yang bisa memicu produksi hormon glukosa dalam jumlah berlebih.
  • Bekerja setiap hari dengan beban yang sangat berat.
  • Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat secara berlebihan.
  • Seringnya mengkonsumsi obat-obatan khusus, seperti halnya steroid.
  • Jarang melakukan kegiatan olahraga.
  • Tidak meminum obat untuk menurunkan kadar glukosa.
  • Keterlambatan atau tidak melakukan penyuntikan insulin bagi penderita diabetes.

Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi

Bila sudah terlanjur mengalami hiperglikemia, maka harus dengan segera melakukan pengobatan dan penyembuhan untuk mengatasinya. Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hiperglikemia ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Salah satu penyebab dari timbulnya hiperglikemia yang bersamaan dengan gejalanya karena kurangnya menjaga pola makan yang sehat. Misalnya seperti mengkonsumsi makanan maupun minuman sembarangan yang mengandung kadar glukosa tinggi.

Untuk dapat mengatasinya adalah dengan mulai menerapkan pola makan sehat. Seperti halnya banyak makan makanan berserat yang bersumber dari biji-bijian, kacang-kacangan, bawang putih, buah-buahan, sayur-sayuran, ikan laut, dan makanan berserat lainnya.

Rutin Menjalankan Olahraga

Cara mengatasi hiperglikemia selanjutnya adalah dengan rutin menjalankan olahraga. Ketika otot berkontraksi selama berolahraga, dapat merangsang sel-sel di dalam tubuh.

Sehingga pemanfaatan insulin untuk menggunakan glukosa sebagai energi berlangsung dengan sangat baik. Dengan demikian, gula darah menjadi lebih terkontrol. Olahraga yang dapat kita lakukan untuk mengatasi gula darah tinggi ini seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, berlari, dan jenis olahraga lainnya.

shares