Festival Budaya “Isen Mulang” (FBIM) di Kalimantan Tengah

Festival Budaya Isen Mulang akan diadakan pada tanggal 18 – 24 Mei 2019. Kegiatan rutin festival ini meliputi; pertunjukan seni dan budaya, hingga kontes kecantikan wisata Kalimantan Tengah. Baca artikel ini untuk menggali informasi lebih mengenai event ini ya!

Bulai Mei adalah bulannya kota Palangkaraya. Bagaimana tidak? Sebab di bulan Mei terdapat event tahunan yang menampilkan keragaman budaya dari berbagai etnis yang ada di provinsi ini. Di tahun 2019, Festival Budaya Isen Mulang akan diadakan pada tanggal 18 – 24 Mei 2019. Kegiatan rutin festival ini meliputi; pertunjukan seni dan budaya, hingga kontes kecantikan wisata Kalimantan Tengah yang dapat diikuti oleh penduduk lokal hingga wisatawan.

Isen Mulang sendiri memiliki makna “tidak pernah mundur”, makna ini juga merupakan motto Kota Palangkaraya yang mencerminkan keberanian rakyatnya. Sesuai mottonya pula, festival ini diadakan sebagai bentuk usaha masyarakat dalam mempertahankan keunikan budaya dan tradisi agar tetap lestari hingga di generasi mendatang.

Jika Anda hendak menghadiri festival ini, Anda bisa menikmati pembukaan acara yang diselenggarakan di Bundaran Besar Palangkaraya. Setelah pembukaan, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan karnaval budaya dari berbagai kota dan kabupaten provinsi ini. Karnaval akan dimulai dari kantor gubernur, melewati Istana Isen Mulang, lalu melewati jalan-jalan utama kota, sebelum kembali lagi ke Bundaran Besar. Biasanya karnaval ini dimeriahkan dengan tarian tradisional etnis Dayak yang mengenakan kostum dan aksesoris tradisional.

Selain itu terdapat acara lainnya seperti; kompetisi fotografi, festival kuliner tradisional, dan kompetisi tarian dan lagu tradisional hingga yang paling menarik adalah acara Sepak Sawut yang merupakan pertandingan sepak bola api.

Festival Isen Mulang 2018

Di tahun 2018 lalu, FBIM memiliki tema acara yang memadukan tradisi budaya dengan konsep bisnis modern. Tema ini didukung dengan diselenggarakannya juga Kalteng Quality Expo. Dimana, dalam Kalteng Quality Expo, para pelaku Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) di Kalimantan Selatan dapat menjajakan dagangan mereka ke ruang publik. Selain memberikan keuntungan bagi pelaku usaha, wisatawan yang hadir pun dapat berbelanja dan mencari peluang bisnis baru lewat pegiat UMKM yang ada.

Nah! Bagi Anda yang penasaran ingin ikut menikmati festival ini. Anda bisa memanfaatkan fasilitas BRT yaitu Bus Rapid Transit untuk datang ke Bundaran Palangkaraya. Anda juga tak perlu jauh-jauh mencari oleh-oleh atau cinderamata. Terdapat Toko Bahalap Oleh-Oleh Khas Kota Palangkaraya yang terletak di Jl. Manjuhan No.20. Toko oleh-oleh ini buka hingga pukul 9 malam. Lokasinya yang strategis pun memudahkan Anda dalam menemukan toko ini.

Jadi, sudah siap berlibur ke Palangkaraya? Yuk, pesan tiket pesawat ke Kalteng sekarang dan rasakan keseruan festival Isen Mulang.

shares