Duduki Peringkat ke-7 Fortune Indonesia 100 Inilah Fakta Sejarah PT Gudang Garam tbk

PT Gudang Garam tbk

Pada edisi keduanya di bulan September lalu, Fortune Indonesia: Berita Ekonomi Terbaru menggelar sebuah daftar peringkat  bergengsi yaitu Fortune Indonesia 100 dengan menyaring perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang mampu tetap mencetak laba dan pendapatan besar di era pandemi global seperti saat ini. Salah satu perusahaan yang masuk dalam jaring Fortune Indonesia 100 adalah PT Gudang Garam tbk yang menduduki posisi ke-tujuh pendapatan terbesar pada tahun buku 2020 dan berikut ini beberapa info menarik tentang sejarah PT Gudang Garam tbk yang patut anda simak.

  1. Berdiri sejak 1958

Seperti usaha besar pada umumnya, PT Gudang Garam tbk juga merupakan usaha kecil pada awal mulanya yaitu usaha rumahan yang tepatnya berdiri sejak tahun 1958 oleh Suryo Wonodjojo dimana sosok Suryo dikenal sangat menghormati dan menghargai para karyawannya yang pada masa itu jumlahnya terbatas. Bisnis milik Suryo diteruskan secara turun-temurun sejak pendiri Gudang Garam tersebut berpulang pada 28 Agustus 1985 dan ternyata perusahaan mampu berdiri hingga saat ini dikarenakan para penerus Suryo memang memiliki bakat dalam berwirausaha sejak dini serta mampu mengamalkan catur dharma perusahaan.

  1. Pembukaan cabang tahun 1960

2 tahun sejak berdirinya pada tahun 1958 PT Gudang Garam tbk mulai memperluas usaha mereka dengan cara membuka cabang di wilayah lainnya yaitu di wilayah Gurah. Wilayah ini sendiri terhitung cukup dekat dengan gedung pusat PT Gudang Garam tbk yaitu di Kediri kota di mana saat itu kantor Gudang Garam sendiri sudah memperkerjakan hingga 400 orang pekerja

  1. Pembukaan lahan baru 1968

Tepatnya 10 tahun sejak berdirinya di tahun 1958 perusahaan Gudang Garam tbk mulai berkembang pesat dan membuka unit baru pada dua lahan sekaligus di mana setiap unit dengan cabang bisa dibedakan pada sistem meskipun keduanya masih berada di bawah payung yang sama yaitu Gudang Garam.

  1. Berganti bentuk perusahaan jadi firma tahun 1969

Timeline sejarah Gudang Garam akhirnya menggantikan perusahaan ini menjadi setingkat firma dibanding sebelumnya yang hanya usaha rumahan.  Hal ini dipicu dari kesuksesan manajemen Gudang Garam dalam mengelola cabang-cabang besar serta fasilitas yang telah mereka miliki disusul peresmian ini maka unit produksi yang dimiliki Gudang Garam pun dipindahkan ke area Kota Kediri.

  1. Ubah menjadi perseroan terbatas tahun 1971

Setelah berubah menjadi bentuk firma pada tahun 1971, Gudang Garam mulai mengalami perubahan besar yang dikenal awet hingga sekarang yaitu menjadi perseroan terbatas yang membuat PT Gudang Garam berhak menerima bantuan fasilitas dari pemerintah setempat dimulai dari penanaman modal usaha dalam negeri atau PMDN hingga usaha yang semakin hari semakin berkembang pesat.

  1. Peluncuran produk rokok elektrik

PT Gudang Garam tbk sendiri sudah mendirikan tiga perusahaan baru dengan skala yang bisa diandalkan perusahaan, untuk impor bahan baku dipegang oleh perusahaan pertama, sementara program perusahaan kedua lebih sebagai fungsi untuk impor bahan baku rokok elektrik dan perusahaan ketiga sebagai perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pendistribusiannya hingga ke tangan konsumen terkecil.

  1. Perusahaan tanpa karyawan

Dikatakan penanggung jawab produksi saat ditemui Fortune Indonesia, saat ini perusahaan-perusahaan tersebut masih vakum dan tidak beroperasi sehingga tidak memakan biaya.

  1. Fortune Indonesia, majalah bisnis Indonesia berkualitas

Seperti tadi yang telah dibahas di atas PT Gudang Garam tbk masuk dalam peringkat Fortune Indonesia 100 yang dibuat sebagai apresiasi kepada perusahaan-perusahaan Indonesia yang mampu bertahan menghadapi pandemi. Fortune Indonesia sendiri merupakan majalah bisnis yang berkualitas dan layak Anda jadikan sumber informasi bisnis dan inspirasi terpercaya.

shares