Desa Tongging Surga Belanja dan Kuliner Wisata Danau Toba

Surga Belanja dan Kuliner Wisata Danau Toba

Kawasan wisata Danau Toba, memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu dari tempat-tempat tersebut adalah Desa Tongging. Desa ini sendiri terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Merek.

Keistimewaan dari Desa Tongging adalah terpilihnya tempat ini sebagai salah satu pusat destinasi wisata kuliner dan belanja. Pembangunan di kawasan ini pun dipercepat oleh pemerintah guna mendukung realisasi tujuan tersebut.

Percepatan Wisata Danau Toba di Desa Tongging

Ada banyak alasan pemerintah menetapkan desa di Tanah Batak ini sebagai pusat kuliner dan belanja. Percepatan pembangunan ini bukan hanya berguna bagi pemerintah saja, tetapi juga terkhusus bagi masyarakat sekitar kawasan Danau Toba itu sendiri.

  • Kompetitif Dalam Pemasukan

Kuliner dan belanja merupakan dua pos yang sangat menunjang pemasukan di sebuah destinasi wisata. Sebab, semua turis yang datang pasti akan membeli oleh-oleh khas dari dari daerah yang dikunjungi.

Selain itu, mereka juga pasti ingin mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Bahkan dari sektor kuliner saja, dapat memberikan sumbangsih pemasukan sebesar 41,69% di tahun 2017. Tentunya dengan semakin besarnya perhatian dan fokus pemerintah pada pembangunan kawasan wisata ini, bisa jadi angka pemasukan tersebut akan lebih besar.

Hal ini tentunya nggak mengejutkan. Sebab, semua orang pasti butuh makan dan setelahnya berbelanja. Bukan cuma untuk memenuhi kebutuhan primer, tetapi juga sekunder dan kadang tersier. Maka mendirikan pusat belanja dan kuliner yang terpusat, selain bisa untuk mengontrol siklus uang, juga agar bisa melihat tren yang sedang digandrungi.

Nantinya, jika pilot project ini berhasil, maka metode serupa dengan pemusatan pada sektor lain juga akan digalakkan di berbagai tempat di sekitar kawasan ini.

  • Lokasi Strategis

Desa Tongging terpilih sebagai proyek awal dari pemusatan kuliner dan belanja. Hal ini ada alasannya. Salah satu alasannya adalah daerah ini hanya berjarak 1 jam dari Brastagi, yang merupakan pusat kota. Wisata Berastagi juga sangat maju sehingga dapat memberikan efek langsung pada desa ini.

Nggak hanya itu, Desa Tongging juga menempel langsung dengan Danau Toba. Pemandangan di desa ini juga menakjubkan karena memiliki latar belakang Gunung Sipiso-piso. Salah satu air terjun terkenal di Sumatera Utara, Air Terjun Sipiso-Piso, juga berada di kawasan ini.

Desa Tongging juga memiliki daya tarik lainnya, terlebih bagi kamu yang suka dengan petualangan alam. Sebab di desa ini terdapat jalur trekking dengan rute berkelok yang pastinya akan membuatmu tertantang untuk berjalan kaki.

Rute trekking ini juga berada di satu kawasan dengan gardu pandang. Jadi, setiap wisatawan yang ingin berolahraga di tempat ini juga dapat sekaligus menikmati keindahan alam Desa Tongging dari atas.

  • Tiga Elemen Utama

Agar percepatan pembangunan dapat dirasakan oleh penduduk sekitar dan para stakeholder pariwisata, maka pihak yang berkepentingan harus bisa memahami konsep perkembangan gastronomi di Indonesia.

Di bumi Nusantara ini, ada tiga buah elemen yang berpengaruh terhadap berkenbangnya gastronomi. Ketiga elemen tersebut adalah kuliner, budaya dan sejarah. Dari ketiga elemen ini dapat diturunkan lagi menjadi ritual, rempah-rempah dan storytelling.

Ketiga elemen dan turunannya harus bisa dikembangkan secara maksimal. Jadi, ketika ingin mengembangkan kuliner, para pengusaha di bidang ini harus paham bukan hanya perihal citarasa saja, tetapi juga sejarah makanan dan atraksi kuliner yang bisa ditonjolkan.

Nantinya desa ini akan dimasukkan ke dalam paket wisata Danau Toba dan disinkronisasi dengan banyak kegiatan lain. Di sini kamu bisa berbelanja kain ulos setelah selesai menikmati sajian Naniura atau Ikan Arsik khas Tanah batak.

Naniura adalah masakan khas kawasan Danau Toba yang terbuat dari ikan mas yang dimasak tanpa api melainkan dengan pematangan lewat rendaman air asam. Makanan khas ini dapat ditemui dengan mudah di Desa Tongging, begitu pula dengan masakan khas lainnya.

Berlibur ke tempat wisata Danau Toba tidak akan bisa hanya dalam satu hari. Apalagi ketika  mengunjungi Desa Tongging dan tempat wisata lainnya. Kamu nggak perlu kuatir, sebab di kawasan ini terdapat banyak penginapan bagus dengan harga yang terjangkau.

shares