Cara Mudah Menghemat Kuota Internet

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet

Pada jaman modern seperti sekarang ini adanya internet tentu saja bisa membuat hidup menjadi lebih mudah. Saat ini sudah hampir seluruh masyarat menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-harinya. Internet ini bisa kita gunakan jika kita membeli paket kuota data atau saat ini sudah juga orang yang menggunakan wifi. Tapi wifi ini tentunya hanya bisa kita gunakan di rumah saja, jadi kita tetap perlu membeli kuota internet untuk di luar rumah. Salah satu provider yang terkenal di indonesia adalah telkomsel, untuk bisa bebas internetan diluar rumah kamu bisa beli paket internet telkomsel. Penggunaan internet yang di lakukan terus menerus akan membuat kebutuhan kuota kuota internet kamu menjadi semakin membengkak dan membuat kamu menjadi lebih boros. Nah untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mengikui langka-langkah yang akan di jelaskan di bawah ini supaya kuota internet km tetap irit ya.

  1. Menurunkan Kualitas Video Ketika Streaming

Sebagian besar orang jika mereka sedang tidak memiliki kegiatan biasanya mereka akan menonton streaming video, salah satu aplikasi tempat streaming video terbaik adalah youtube. Nah jika kamu keasyikan menonton youtube tapi lupa untuk menurunkan kualitas videonya sudah bisa dipastikan kuota kamu bisa cepat habis loh. Karena biasany yotube ini akan memberikan kualitas video sesuai dengan kecepatan internet kita, misalnya jika jaringan yang kamu pakai berjenis 4G LTE sudah pasti maka youtube akan memutarkan video dengan kualitas HD. Jadi jangan sampai keasikan ya sampai-sampai kamu lupa mengganti resolusi saat streaming.

  1. Matikan Fitur Auto-Sync

Untuk bisa menghemat kuota hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mematikan fitur auto-sync pada smartphone kamu, karena fitur auto-sync ini dikembangkan oleh Google yang fokus pada aplikasi seperti Gmail, Google+, dan  kalender sebaiknya kamu cek apakah fitur auto-syncnya aktif atau tidak . untuk kamu yang belum tau apa itu fitur auto sync, fitur ini yaitu fitur yang berfungsi untuk update email terbaru secara otomatis sehingga kita akan segera mendapatkan notifikasi secepatnya begitu ada email yang masuk.

  1. Buat Fitur Maps keMode Offline

Untuk bisa menghemat kuota hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan buat fitur maps pada smartphone kamu ke mode offline, karena jika tidak bisa membuatnya offlinea aplikasi Maps ini bisa menguras kuota inetrnet kamu dengan cepat. Penggunaan fitur maps yang bisa menguras kuota ini anehnya tidak banyak penggunanya yang tidak menyadarinya. Nah jika ingin kuota kamu awet maka sebaiknya langsung saja ubah penggunaan aplikasi Maps ini dari mode online ke mode offline.

  1. Batasi Penggunaan Kuota internet dengan mengaktifkan Peringatan

Cara mudah menghemat kuota selanjutnya adalah kamu bisa membatasi penggunaan kuota internet dengan mengaktifkan peringatannya. Kamu bisa melakuka tips yang satu ini dengan melakukan peruhanan di menu setting yang ada di handphone kamu. Fitur yang satu ini akan memberikan peringatan jika kuota yang kamu pakai sudah melebihi batas yang kamu gunakan, dengan adanya peringan tersebut membuat kuota internet kamu jadi lebih awet.

  1. Matikan Auto Update Aplikasi Menggunakan Kuota

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet kamu yaitu dengan membatasi update aplikasi dengan menggunakan kuota. Kamu bisa merubahnya di menu setting yang ada di handphone kamu dan pilih auto update aplikasi ini jika handphone kamu tersambung dengan wifi.

Itu dia 5 cara menghemat kuota internet yang bisa kamu coba, semalat mencoba ya!

shares