Cara Kerja SEO

Cara Kerja SEO

Jasa pakar SEO menjadi salah satu layanan yang paling sering dicari hingga saat ini baik untuk belajar dan menjadi ahli SEO ataupun untuk belajar mengoptimasi SEO sendiri. SEO lebih sering digunakan oleh para pemilik usaha yang memasarkan bisnisnya dengan link atau website sehingga website mereka dapat berada di peringkat atas mesin pencari sehingga dapat mendatangkan banyak calon pembeli dan meningkatkan penjualan.

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah proses untuk mengoptimasi website agar bisa mendapatkan peringkat paling atas dalam hasil pencarian. Apabila sebuah website berada pada peringkat tertinggi di mesin pencari maka akan mendatangkan banyak pengunjung dan otomatis akan meningkatkan trafik.

Bukan hanya mendapatkan trafik yang tinggi, optimasi SEO juga dapat mendatangkan trafik yang tepa sesuai dengan isi, konten, dan tujuan website anda. Maka dari itu banyak yang memanfaatkan SEO untuk meningkatkan penjualan produk mereka dengan meningkatkan trafik dan pengunjung yang klik website tersebut.

Cara Kerja SEO

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan SEO, anda dapat memahami cara kerja SEO terlebih dahulu agar bisa mendapatkan trafik yang tinggi dan selalu meningkat setiap harinya. Anda juga harus memahami aturan-aturan pada mesin pencari agar konten dapat terbaca dan masuk ke peringkat paling atas.

  1. Crawling

Crawling atau yang diartikan sebagai proses perayapan merupakan salah satu proses yang dilakukan untuk mengambil semua halaman atau link website yang terhubung dengan sebuah situs web tertentu. Proses pengumpulan semua halaman web ini dilakukan oleh Googlebot atau crawler/spider yang merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang terdapat dalam mesin pencari seperti Google.

  1. Indexing

Indexing atau proses pengindeksan merupakan proses mengindentifikasi kata-kata, tulisan, maupun deskripsi sehingga halaman website tersebut yang memiliki kata kunci tertentu dapat masuk ke dalam database mesin pencari. Jadi semua halaman website akan dibuat indeksnya namun hanya website yang sudah disimpan di dalam database.

  1. Processing

Ketika seseorang mengetikkan kata kunci atau kalimat tertentu, mesin pencari akan menerima request tersebut kemudian menggunakan kata kunci yang diketikkan oleh pengunjung untuk kemudian membandingkan halaman web yang mengandung kata kunci tersebut dari berbagai situs web yang sudah terdaftar ke dalam database mesin pencari.

  1. Calculating relevancy

Tidak ada batasan berapa kata kunci yang harus ada dalam sebuah halaman web. Maka dari itu dalam satu halaman web bisa saja memiliki lebih dari satu kata kunci. Dengan adanya lebih dari satu kata kunci, mesin pencari akan melakukan proses menghitung dan membandingkan relevansi untuk setiap kata kunci yang ada pada setiap halaman yang sudah terindeks.

  1. Retrieving result

Kemudian proses terakhir dalam sistem mesin pencari yaitu retrieving result yang merupakan sebuah proses untuk mengambil dan mengumpulkan hasil yang relevan atau berhubungan dengan kata kunci yang diketik oleh pengunjung kemudian hasil tersebut akan ditampilkan ke dalam mesin pencari yang digunakan untuk mencari kata kunci tersebut.

Mesin pencari akan memperbarui algoritma setiap bulannya agar dapat menampilkan hasil pencarian yang benar-benar sesuai dan akurat dengan kata kunci yang dimasukkan. Dari situlah anda bisa mendapatkan halaman website sesuai dengan kata kunci yang diinput.

Apabila anda tertarik dengan SEO dan ingin belajar SEO secara gratis, bisa mempertimbangkan pakar SEO di http://wahyublahe.id/seo/. Anda juga bisa mendaftar private SEO premium untuk mendapatkan pelajaran yang lebih mendalam tentang SEO namun dikenakan biaya tambahan.

shares