Bacaan Doa Mandi Wajib Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Doa Mandi Wajib Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Wanita memang diciptakan sebagai makhluk yang spesial oleh Allah SWT, bahkan saking spesialnya Allah memberikan beberapa hal yang hanya bisa dialami oleh wanita. Hal istimewa tersebut ialah menstruai dan juga kehamilan, seperti yang sudah diketahui bahwa hanya wanitalah yang bisa merasakan dan menjalani dua hal tersebut. Itulah mengapa wanita menjadi begitu istimewa dibanding laki – laki.

Biasanya mentrsuasi ini akan dialami oleh perempuan yang sudah memasuki usia akhir baligh. Sedangkan kehamilan bisa terjadi jika perempuan telah menikah dan melakukan hubungan suami istri bersama dengan suaminya. Setelah mengalami dua hal tersebut biasanya wanita tidak diwajibkan untuk menjalani kewajiban seperti shalat dan berpuasa. Wanita yang sedang menstruasi dan baru selesai melahirkan juga tidak diperbolehkan melaksanakan rukun dalam ibadah haji.

Agar bisa melaksanakan ibadah wajib tersebut seorang wanita harus menjalani yang disebut dengan mandi wajib. Mandi wajib ini merupakan hal yang dilakukan untuk kembali mensucikan diri setelah sebelumnya wanita berada dalam keadaan yang tidak suci entah kaerna menstruasi atau nifas setelah melahirkan. Untuk itu semua wanita diwajibkan untuk mengetahui doa dan juga tata cara dari mandi wajib tersebut.

Doa mandi wajib sendiri terdapat beberapa doa dan harus dibacakan sesuai dengan penyebab mengapa orang tersebut melaksanakan mandi wajibnya. Berikut ini merupakan doa niatan mandi wajib yang bisa anda bacakan sesuai dengan alasannya :

  • Doa mandi wajib bagi orang umum yang ingin mensucikan diri

“Nawaitul Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta’aala.

Artinya: Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah ta’ala.

  • Doa mandi wajib bagi orang yang telah melewati masa haid

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Haidil Lillahi Ta’ala.”

Artinya :“Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.”

  • Doa mandi wajib bagi orang yang telah melewati masa nifas

“Nawaitul Ghusla Lirafil Hadatsil Nifasi Lillahi Ta’ala.”

Artinya : “Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah ta’ala”

Dengan membaca niatan tersebut diharapkan bahwa mandi junub yang kita lakukan akan benar-benar membersihkan diri kita dari berbagai macam hadats yang menempel di tubuh kita. Selain itu pelafalan niatan awal yang baik juga akan membawa kita ke hal yang baik, itulah kenapa membaca doa dan niat ini termasuk kedalam rukun mandi wajib.

Setelah mengetahui bacaan niat dari mandi wajib tersebut, selanjutnya anda juga harus mengetahui tata cara yang harus dilakukan dalam pelaksanaan mandi wajib. Berikut tata cara yang bisa anda ikuti :

  1. Petama baca doa niat mandi wajib setelah menstruasi ataupun setelah menjalani nifas.
  2. Kedua membersihkan kedua tangan sebanyak 3 kali
  3. Ketiga membersihkan area kemaluan yang kotor menggunakan tangan sebelah kiri
  4. Keempat mencuci tangan lagi dengan menggunakan sabun
  5. Kelima berwudhu sambil membaca niat berwudhu
  6. Keenam membasuh kepala 3 kali dengan air bersih sampai ke pangkal rambut
  7. Ketujuh memisah-misah rambut menggunakan jari
  8. Kedelapan mengguyur seluruh tubuh dengan air bersih
  9. Kesembilan mandi biasa dengan menggunakan sabun dan sampo

Selain tata cara diatas ada juga beberapa aturan tambahan yang harus dipenuhi agar mandi wajib yang dilakukan sah antara lain seperti harus mandi menggunakan air yang bersih dan memastikan semua bagian tubuh terguyur air.

shares