Aplikasi Absensi di Era Digital, Bantu Millenial Absen Kapan & Di Mana Saja

Aplikasi Absensi di Era Digital, Bantu Millenial Absen Kapan & Di Mana Saja

Di era digital seperti saat ini banyak perusahaan yang mulai menggunakan sistem absensi yang fleksibel. Ini sangat penting, apalagi jika kebanyakan karyawan di perusahaan adalah generasi millenial. Di mana, kebanyakan dari mereka yang mengharapkan bisa bekerja dengan fleksibel, di mana saja dan kapan saja. Hal ini membuat sistem absensi lama tidak optimal kembali. Selain memudahkan karyawan, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dengan penggunaan aplikasi online.

Dengan perkembangan zaman yang cukup cepat membuat segalanya menjadi serba digital dan tentunya serba mudah. Absensi karyawan juga menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun. Inilah beberapa manfaat penggunaan aplikasi absensi dalam perusahaan.

Kelola Absensi Jadi Lebih Mudah

Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi karyawan, aplikasi absensi juga mempermudah pemilik perusahaan mengatur absensi karyawan, mulai dari mengatur jam kerja, lembur karyawan dan sebagaianya. Perusahaan juga tidak perlu repot untuk membuat laporan tertulis. Karena proses pengelolaan bisa dilakukan dengan lebih mudah serta sistem yang user friendly.

Cegah Lupa Absen

Lupa melakukan absensi bukan hanya menyusahkan karyawan, tapi juga menyulitkan perusahaan ketika ingin melakukan proses penggajian. Perusahaan harus mengecek satu per satu, dan jika terlewat ini bisa menyebabkan kesalahan dalam penggajian yang berakibat fatal, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Jika menggunakan aplikasi absensi karyawan, ini tidak jadi masalah lagi, karena karyawan bisa melalukan absensi saat jam pulang kantor dari aplikasi dan bisa langsung mengajukan pembetulan absensi dengan mudah.

Integrasi dengan Sistem Payroll

Umumnya, aplikasi absensi memiliki fitur integrasi yang bisa langsung menghubungkan dengan sistem payroll, sehingga mempermudah perusahaan dalam mengintegrasikan data absensi karyawan secara akurat. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu lagi repot menghitung komponen-komponen penggajian lainnya.

Karyawan Lebih Bertanggung Jawab

Secara tidak langsung, aplikasi absensi juga melatik tanggung jawab dan kejujuran karyawan, seperti meninggalkan pekerjaan sebelum waktunya ataupun menitip absen kepada rekan kerja. Kenapa bisa? Karena semuanya dilakukan melalui ponsel pribadinya, tidak mungkin bukan karyawan memberikan ponsel pribadi ke temannya?

Akses realtime

Perusahaan bisa mendapatkan laporan absensi secara realtime juga melakukan pengecekan data absensi karyawan kapan saja, di mana saja melalui aplikasi. Ini akan sangat berguna ketika perusahaan memiliki cabang dan karyawan berada di lokasi yang berbeda-beda. Perusahaan bisa melakukan tracking absensi karyawan yang tidak masuk tanpa sebab atau bolos, sehingga perusahaan dapat memberikan langkah lebih cepat kepada karyawan yang bersangkutan.

Tertarik menggunakan aplikasi absensi? Selain memberi banyak keuntungan, ini juga bisa memberikan citra positif bagi perusahaan. Di mana, calon karyawan akan bisa melihat bahwa perusahaan dengan aplikasi absensi karyawan ini merupakan perusahaan yang pas dan fit terutama bagi generasi millenial.

shares