9 Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Fleksibel

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Fleksibel

Bahasa merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi diri yang eksistensinya tidak pernah padam. Salah satu Bahasa yang bisa dipelajari untuk menjadi Bahasa kedua adalah Bahasa Inggris, Bahasa yang dipilih menjadi Bahasa internasional.

Untuk kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris, 8 tips belajar Bahasa Inggris ini akan membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dengan cepat. Berikut ulasannya!

Tontonlah Film Bahasa Inggris tanpa Subtitle

Selain sebagai bentuk hiburan, film juga bisa menjadi media pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif. Biasakan menonton film tanpa subtitle, jika ada kata yang tidak kamu ketahui makna nya, kamu bisa mencarinya dan menjadikannya kosakata baru di kamusmu.

Buatlah Kamus Kosakata Bahasa Inggrismu

Buatlah kamusmu sendiri, isi kamus tersebut dengan kosakata baru yang tidak kamu ketahui artinya. Kamu bisa membuat kamus tersebut di catatan atau notes yang sekiranya bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana.

Dengarkan Lagu Bahasa Inggris dan Hafalkan Liriknya

Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, catat, dan hafalkan liriknya. Tidak berhenti di situ, buatlah juga terjemahannya.

Latih Listening

Melatih kemampuan listening dapat menghindari salah pengertian. Selain itu, melatih listening juga bisa memperfasih pelafalanmu.

Latih Conversation dengan Orang Asing

Ajak orang di sekitarmu untuk lebih sering bercakap-cakap menggunakan Bahasa Inggris. Semakin sering berlatih, maka semakin terbiasa dengan bahasa tersebut, sehingga kemampuanmu akan meningkat dengan optimal dan terlihat natural saat menggunakan passive voice.

Gunakan Media Daring

Platform media yang bisa kamu pilih adalah youtbe dan podcast. Kamu bisa memanfaatkan video youtube untuk mengakses berbagai tutorial dan materi, seperti pronunciation, grammar, passive voice, dll.

Perbanyak membaca dan Menulis dalam Bahasa Inggris

Cobalah untuk membaca bacaan dalam Bahasa Inggris, baik bacaan fiksi maupun nonfiksi. Setelah membaca, hal lain yang bisa dipraktekkan adalah menulis, kamu bisa melatih kemampuan menulismu sekaligus mengecek grammarmu.

Manfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Download aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis/tak berbayar di ponselmu. Gunakan secara otodidak dengan maksimal.

Kursus Bahasa Inggris

Di tempat kursus, kamu bisa belajar secara teratur dengan materi pelajaran yang tersusun. Kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan dirimu di sana.

Itu dia 9 tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan fleksibel. Jangan lupa dipraktikkan ya tips-tipsnya, agar langkah belajar bahasa Inggrismu semakin matang!

shares