6 Manfaat Madu untuk Ibu Selama Masa Kehamilan

Manfaat Madu untuk Ibu Selama Masa Kehamilan

Selain sebagai alternatif pemanis, madu ternyata memiliki banyak sekali khasiat. Hanya saja, kadang untuk ibu hamil, madu tidak disarankan untuk diberikan. Masalah ini sebenarnya benar jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Namun, dalam kadar yang cukup, ada banyak manfaat madu untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan. Apa saja?

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Konsumsi madu yang cukup selama masa kehamilan bisa membantu meningkatkan sistem imun ibu. Sebab, madu mengandung antioksidan, antibakteri dan kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi madu, ibu hamil bisa terjaga dari infeksi dan tubuhnya tetap sehat.

  1. Mengurangi Insomnia

Insomnia adalah masalah nyaris semua ibu hamil. Mereka akan kesulitan tidur karena banyak hal seperti pergerakan janin hingga stres. Mengonsumsi madu bisa membantu ibu mengatasi masalah insomnia sedikit demi sedikit. Itu karena madu mengandung khasiat yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

  1. Menghilangkan Pilek

Selain memiliki nutrisi yang tinggi, madu ternyata juga bisa melawan banyak virus seperti penyebab pilek. Madu mampu bertindak sebagai suppressant yang sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah batuk pada ibu hamil.

  1. Kulit Kepala Jadi Lebih Sehat

Manfaat madu yang bisa didapat ibu hamil adalah membuat kulit kepala jadi lebih sehat. Masalah umum yang dialami ibu hamil adalah rambut rontok dan ketombe. Namun, madu bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air hangat dan mengoleskannya ke kulit kepala saja.

  1. Membantu Pengobatan Tukak Lambung

Ibu hamil juga sering mengalami masalah tukak lambung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi madu bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Sebab, madu mampu mengurangi pertumbuhan bakteri helicobacter pylori yang menyebabkan kondisi tak nyaman yang banyak dialami ibu hamil.

  1. Meredakan Heartburn

Heartburn adalah salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil terlebih ketika sudah masa trimester akhir. Heartburn ini menyebabkan rasa sakit di ulu hati dan seringkali tak tertahankan. Dengan mengonsumsi madu, masalah yang satu ini bisa dilewati dengan mudah.

Dosis Konsumsi Madu yang Disarankan untuk Ibu Hamil

Lalu, berapa sebenarnya dosis konsumsi madu yang baik untuk ibu hamil? Menurut banyak penelitian, ibu hamil hanya boleh mengonsumsi madu sebanyak 3 hingga 5 sendok per hari atau setara dengan 180 hingga 200 kalori saja. Sangat disarankan tidak melebihi batas tersebut karena memang tak baik juga untuk ibu hamil bila terlalu banyak.

Nah, ada banyak manfaat madu yang bisa dirasakan ibu hamil, kan? Meski begitu, Anda tetap harus mengonsumsinya dengan kadar yang tepat, ya! Sangat disarankan juga untuk tidak mencampurkan madu dalam makanan dengan kandungan vitamin C tinggi karena itu bisa merusak khasiat madu tersebut.

shares