6 Karakteristik yang Harus Ada pada Sebuah Logo

6 Karakteristik yang Harus Ada pada Sebuah Logo

Membuat logo untuk sebuah usaha maupun produk bukanlah suatu hal yang mudah. Anda tidak boleh buat logo secara sembarangan. Selain mengutamakan desain yang bagus, pembuatan logo juga harus memperhatikan karakteristik yang harus ada pada logo tersebut. Berikut adalah 6 karakteristik yang harus ada di sebuah logo.

  1. Sederhana

Sebuah logo harus sederhana karena desain yang rumit justru akan sulit untuk dikenali. Logo harus mudah untuk dikenali dan diingat dalam waktu singkat. Konsumen hanya membutuhkan waktu satu hingga dua detik untuk menangkap dan mengenali sebuah logo. Desain yang sulit dipahami tidak akan membuat produk Anda sukses.

Buat desain logo yang simpel namun tetap bagus. Posisikan diri Anda sebagai konsumen. Tentu saja akan jauh lebih mudah untuk mengenali sebuah produk jika logonya simpel, bukan? Setelah membuat desain logo, coba lihat apakah sebagai konsumen Anda bisa mengenali logo tersebut dengan mudah atau tidak.

  1. Memiliki Makna

Sebuah logo harus memiliki makna tertentu. Meskipun sederhana, namun sebuah logo harus memuat makna dari produk atau perusahaan yang bersangkutan. Makna ini tidak harus bisa dimengerti oleh konsumen. Konsumen hanya perlu mengenali logo yang Anda buat dengan mudah.

Logo bisa diartikan sebagai sebuah identitas. Sama seperti manusia yang memiliki identitas berupa nama. Nama setiap manusia pasti memiliki sebuah makna. Jadi, jangan sembarangan merancang logo tapi selipkan juga makna khusus ke dalamnya agar logo tersebut jadi lebih berharga.

  1. Mudah Diingat

Sebuah logo harus bisa diingat dengan mudah oleh konsumen. Banyak sekali jenis logo yang saat ini bisa kita temukan di pasaran. Tentu tak mudah mengingat semua logo yang ada. Logo yang biasa saja tentu akan mudah dilupakan oleh masyarakat. Lain halnya jika Anda menggunakan logo yang unik dan menarik.

Keunikan sebuah logo tidak hanya membuat produk milik Anda menjadi mudah untuk diingat. Logo yang unik juga akan meningkatkan prestise dari produk yang Anda hasilkan. Jika logo Anda mudah untuk diingat, maka produk Anda juga akan selalu dicari oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

  1. Orisinal

Sebuah logo harus bersifat orisinal. Logo yang Anda pakai tidak boleh mencontoh desain karya orang lain yang sudah ada sebelumnya. Tindakan mencontoh logo lain untuk dipakai sendiri bisa disebut juga dengan plagiat. Buat logo yang unik dan benar-benar orisinal, artinya belum pernah dipakai oleh siapapun.

  1. Desain yang Mudah Diaplikasikan

Desain logo yang akan digunakan harus mudah untuk diaplikasikan dalam semua jenis media grafis. Logo harus mudah diaplikasikan dalam berbagai bentuk fisik. Baik warna maupun bentuk logo harus bisa tercetak dengan baik sesuai desain aslinya.

  1. Legible

Sebuah logo harus bersifat legible. Legible artinya logo tersebut bisa dibaca dengan baik walaupun diaplikasikan ke dalam berbagai ukuran. Konsumen dapat dengan mudah membaca dan mengenali logo tersebut meskipun tersaji dalam ukuran yang bervariasi.

Dalam praktiknya, penggunaan logo sangat beragam. Logo akan dicetak dalam berbagai bentuk fisik dengan ukuran yang berbeda-beda. Pembuat desain harus benar-benar memperhitungkan hal ini sehingga logo tetap terbaca dengan baik oleh konsumen.

Itulah tadi beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah logo. Pembuatan logo harus memperhatikan semua kriteria ini. Logo yang baik tidak hanya bagus dipandang namun juga harus memenuhi semua kriteria tadi. Anda bisa memilih buat logo di tempat yang terpercaya dan berkualitas yaitu fastwork.id.

shares