5 Kiat Memilih Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 18

Kiat Memilih Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 18

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang mengalami PHK karena kondisi ekonomi yang kurang stabil. Tentu hal ini memicu masalah serius bila tidak segera mendapatkan solusi lebih lanjut. Pasalnya, hidup harus tetap berjalan dengan mengandalkan penghasilan. Tidak mungkin kita harus mengandalkan tabungan terus menerus yang bisa berimbas pada gangguan finansial. Jika Anda ingin mengembangkan kemampuan diri agar bisa melamar pekerjaan baru atau mencoba bisnis sendiri, daftar Kartu Prakerja Gelombang 18, yuk!

Memilih pelatihan sesuai passion

Saat Anda mendaftarkan diri sebagai peserta penerima Kartu Prakerja, pasti sudah mengisi formulir mengenai data diri dan jenis pelatihan yang diinginkan.  Jangan sampai Anda salah memilih pelatihan yang tidak sesuai passion sehingga dana yang dialokasikan dalam Kartu Prakerja kurang produktif. Berikut cara mengikuti pelatihan yang bisa Anda jadikan referensi yaitu :

  • Membandingkan mitra penyedia pelatihan

Pemerintah telah menggalakkan program pemberian pelatihan agar bisa mencetak tenaga kerja yang lebih produktif. Bagi pekerja yang mendapatkan insentif pun, bisa menggunakan dana yang diberikan untuk membeli pelatihan yang bisa memberi manfaat hard dan soft skill tambahan. Jangan asal pilih mitra penyedia pelatihan sebab ada ribuan materi pelatihan yang harus Anda pertimbangkan dengan bijak.

Sebaiknya Anda memilih pelatihan dengan cara membandingkan konten, silabus, durasi, sertifikasi, dan persyaratan lulus yang diberikan oleh mentor. Misalnya Anda ingin belajar bagaimana cara “Belajar Mengambil Foto & Video untuk Menjadi Pengusaha di Bidang Fotografi / Videografi” maka bisa memanfaatkan program pelatihan prakerja gelombang 18 dari PAKAR dengan beli pelatihan di Pijarmahir, MauBelajarApa dan platform lain yang bekerja sama Prakerja lainnya. Konten yang disampaikan PAKAR lebih berkualitas dengan harga pelatihan yang lebih terjangkau, lho!

Anda juga bisa membelinya melalui link di bawah ini :

MaubelajarApa

2. Perhatikan ulasan dari pengguna lain

Cek kembali bagaimana rating atau ulasan yang diberikan oleh pengguna lain selama belajar dengan materi pelatihan tersebut. Tidak hanya kualitas materi atau modul saja, tetapi Anda harus mengecek bagaimana pendapat orang lain terkait profesionalitas mentor, ujian dan evaluasi hingga penerbitan sertifikat pendukung untuk mencarikan insentif.

3. Pilih pelatihan dengan sertifikat

Berkaitan dengan poin nomor dua, Anda yang hendak beli pelatihan wajib memperhatikan adanya fasilitas sertifikat. Dengan dana pelatihan sebesar satu juta rupiah, jangan sampai Anda salah beli pelatihan yang tidak menyediakan sertifikat untuk kebutuhan pendukung dalam melamar kerja atau mencairkan insentif tertentu.

Sertifikat bisa menjadi bukti bahwa Anda telah mengikuti pembelajaran di media platform yang bekerja sama dengan pemerintah. Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa cepat dapat kerja dengan modal ijazah terakhir dan sertifikat dari platform pelatihan tersebut.

4. Memilih pelatihan sesuai minat dan potensi diri

Hal paling penting dalam membeli pelatihan adalah memilih jenis pelatihan yang sesuai dengan minat dan potensi dalam diri. Ada banyak jenis pelatihan yang bisa Anda nikmati dengan dana pelatihan sebesar satu juta rupiah, misalnya pelatihan bahasa, pelatihan komputer atau desain grafis, pelatihan menulis, digital marketing, meningkatkan soft skill, dan lain-lain.

Sebaiknya beli pelatihan di Pijarmahir atau platform digital lain yang memiliki ragam pelatihan sesuai dengan minat peserta prakerja masing-masing. Anda bisa memilih jenis pelatihan yang paling sesuai dengan keinginan agar bisa memberikan manfaat masa depan yang lebih cerah.

Siapa tahu pelatihan yang Anda beli di platform digital ini bisa memberikan kans mudah diterima kerja atau menjadi wirausaha setelah lulus dari pelatihan prakerja. Anda bisa menjadi pengusaha yang lebih mahir dalam menjual produk di media digital berkat belajar dari pelatihan intensif.

5. Menuntaskan pelatihan sesuai dengan ketentuan

Kiat menemukan pelatihan yang tepat tidak akan berhasil bila Anda gagal menuntaskan pelatihan sampai selesai. Ikuti semua pelatihan yang diberikan baik pembelajaran lewat silabus, pertemuan virtual, webinar, dan lain-lain.

Bila Anda mengikuti pelatihan dengan baik, maka kegiatan ujian atau evaluasi pelatihan bisa dilaksanakan dengan baik. Hasil maksimal akan mendukung sertifikat dengan nilai terbaik yang bisa menjadi bahan pendukung saat melamar kerja nanti.

Kartu Prakerja Gelombang 18 akan resmi dibuka kembali pada bulan Agustus 2021 berdasarkan info @prakerja.go.id. Gelombang kuartal kedua tahun 2021 ini hanya diperuntukkan bagi 2.8 juta orang saja yang berhak atas biaya pelatihan dan insentif modal usaha. Anda yang berstatus pekerja atau buruh yang ingin mengembangkan diri lebih baik, bisa mencoba daftar selama memenuhi persyaratan, misalnya umur di atas 18 tahun, WNI, punya NIK, dan lain-lain. Sebagai referensi kelas pelatihan terbaik, Anda bisa mencoba kelas-kelas bagus yang ditawarkan PAKAR.

Saya mencoba mencoba kelas Memasarkan Produk & Jasa Melalui Media Sosial Instagram untuk Menjadi Spesialis Pemasaran karena sesuai dengan kebutuhan bisnis yang lesu akibat pandemi. Kelas yang sangat bermanfaat selama 6 jam e-learning yang singkat dibandingkan dengan kelas pelatihan lain. Saya benar-benar mendapatkan materi, tips dan trik sampai evaluasi pembelajaran kelas ini.

Setelah mendapatkan sertifikat, saya bisa mencairkan insentif Kartu Prakerja yang bermanfaat dalam mengembangkan usaha. Kini saya bisa menjual produk usaha lewat instagram dengan status closing transaksi setiap hari, lho! Pandemi tidak menjadi halangan bagi bisnis saya untuk berkembang dengan memanfaatkan media sosial IG. Sekarang saya sudah beli kelas-kelas pelatihan PAKAR yang bermanfaat lain dengan beli pelatihan di Pintaria atau platform digital lainnya. Yakin Anda tidak ingin mengikuti jejak sukses berkarir sebagai alumni Kartu Prakerja?

shares