5 Hal Yang Wajib Anda Ingat Agar Hidup Lebih Tenang dan Aman

5 Hal Yang Wajib Anda Ingat Agar Hidup Lebih Tenang dan Aman

Asuransi jiwa adalah sebuah jaminan dana yang bertujuan menanggung orang terhaadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Atau lebih singkatnya asuransi jiwa adalah jaminan untuk keturunan.

sebagian besar orang tentunya telah tahu apa arti asuransi jiwa sebenarnya, masih banyak orang yang enggan untuk membelinya. Alasan yang paling sering dikatakan adalah mahalnya premi asuransi yang dibayarkan.

Terlepas dari kewajiban setiap orang untuk memiliki Asuransi jiwa, tahukah anda banyak fakta dan alasan kenapa perlu memiliki asuransi jiwa. Berikut ini penjelasan mengenai informasi asuransi dan kenapa penting.

5 Hal Yang Menjadi Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Sangat Penting

  1. Sedia Payung Sebelum Hujan

Hidup memang selalu punya rahasianya sendiri. Sama Seperti musibah atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat.

Di saat seperti itulah peran asuransi jiwa dibutuhkan, untuk meng-cover segala biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika hal itu terjadi. Asuransi akan membantu untuk mengatasi keuangan yang berubah secara drastis ketika hal-hal tersebut terjadi.

  1. Kematian Merupakan Hal Yang Pasti

Pernahkah anda membayangkan jika sewaktu-waktu anda sebagai pemberi nafkah keluarga meninggal dunia secara tiba-tiba, siapakah yang akan membiayai dan melindungi keluarga dari masalah keuangan setelah kematian datang.

Untuk anda yang telah memiliki asuransi jiwa tentunya tidak perlu mengkhawatirkan lagi, karena pada dasarnya asuransi jiwalah yang akan mengatasinya masalah ini. Asuransi jiwa memungkinkan keluarga membayar berbagai biaya serta hutang yang mungkin masih tersisa.

  1. Memberi Ketenangan Batin

Menyambung dari pernyataan sebelumnya. Hal ini tentu saja tidak bisa dipungkiri. Asuransi jiwa saat ini memberi seseorang sesuatu yang berharga yaitu ketenangan pikiran karena mengetahui keluarganya tidak akan telantar saat sesuatu yang tidak terduga terjadi seperti kematian.

  1. Mengurangi risiko finansial

Seperti dipaparkan di atas, setiap saat kita menghadapi berbagai risiko yang bisa melahirkan kerugian finansial. Misalnya saja saat jatuh sakit hingga menguras biaya pengobatan, dan sebagainya. Dengan memiliki asuransi, kita bisa mengelola keuangan lebih tenang.

Sehingga ketika sewaktu-waktu bila membutuhkan biaya atau mengalami kerugian finansial, kondisi keuangan pribadi tidak ikut terpengaruh karena sudah ada asuransi yang menanggungnya.

Kita tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal tak terduga seperti sakit atau mengalami kecelakaan. Manfaat asuransi ini membantu dalam mengurangi pengeluaran yang tak terduga. Pengeluaran rutin harian pun tidak terganggu. Sebab ada pihak penanggung yang memberi ganti rugi.

  1. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Berinvestasi adalah menjadi pilihan yang cukup bijak. Hal ini dapat anda bandingkan ketika menabung di bank yang sering kali terkena inflasi dan seringnya anda menggunakan uang. Yang tanpa anda sadari habis begitu saja.

Dengan memiliki asuransi jiwa jenis ini kita tidak hanya diajarkan untuk menabung untuk jangka panjang, namun juga membiasakan diri untuk berdisiplin dalam mengatur anggaran keuangan. Hasil dari tersebut nantinya juga dapat digunakan untuk apa saja, untuk beli rumah, mobil impian atau perjalanan liburan ke tempat yang Anda inginkan.

Milikilah Asuransi Jiwa Sejak Dini

Berbicara tentang asuransi jiwa memang identik dengan orang tua, namun bukan berarti anda yang masih sehat dan muda tidak membutuhkannya. Atau mungkin anda merasa belum memiliki asuransi jiwa karena belum memiliki anak walau sudah menikah.

Namun beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa premi asuransi terasa seperti membuang uang, karena manfaatnya sendiri tidak langsung terasa. Apalagi jika kita berbicara mengenai asuransi jiwa, di mana manfaatnya tidak langsung dirasakan oleh pemiliknya, namun justru dirasakan oleh ahli warisnya.

Satu hal yang perlu anda ingat, bahwa asuransi jiwa dibeli bukan untuk meninggal, melainkan memastikan orang yang ditinggal tetap sejahtera. Dan kenapa harus menunggu besok, jika anda bisa memilikinya sekarang.

Melalui asuransi risiko finansial tersebut dapat anda alihkan ke pihak ketiga, yaitu perusahaan asuransi. Jadi ketika kelak terjadi risiko, biaya-biaya yang terkait dengan risiko tersebut ditanggung oleh penyedia asuransi.

Dengan asuransi jiwa ketika kelak terjadi risiko meninggal dunia pada si pencari nafkah, keluarga yang ditinggalkan tidak perlu menanggung kesulitan finansial akibat terhentinya sumber nafkah. Sehingga jawaban dari pertanyaan “perlukah asuransi jiwa saat ini?”  adalah sangat diperlukan. Semoga bermanfaat.

shares