5 Fungsi Usus Besar yang Penting dalam Sistem Pencernaan

5 Fungsi Usus Besar yang Penting dalam Sistem Pencernaan

Setiap organ pada tubuh manusia memiliki fungsi penting masing-masing. Salah satu di antaranya adalah usus. Secara umum, organ usus ini dibagi menjadi beberapa bagian, yakni usus halus serta usus besar. Fungsi usus besar dan halus tersebut berkaitan erat dengan proses pencernaan. Untuk penjelasan lebih lengkap, silakan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Sekilas Tentang Usus Besar

Usus besar atau juga kerap disebut dengan istilah colon merupakan salah satu organ yang mengelilingi seluruh rongga perut. Dengan panjang sekitar 6 meter, saluran colon dimulai dari bagian kanan bawah tubuh sampai bagian kiri bawah. Terdapat tiga bagian dari organ ini, yakni sekum, kolon, serta rektum.

Sekum berbentuk seperti kantong di bagian permulaan. Fungsinya adalah menyalurkan hasil pencernaan makanan setelah diserap usus halus. Kemudian, kolon merupakan tempat cairan serta garam diserap hingga akhirnya diteruskan ke bagian rektum.

Fungsi Usus Besar pada Sistem Pencernaan

Seperti telah disebutkan di bagian sebelumnya, fungsi utama organ ini adalah menyerap sisa cairan yang luput di bagian usus halus. Akan tetapi, selain itu ada juga berbagai fungsi lainnya. Apa saja itu?

  1. Membuat feses menjadi padat

Fungsi yang pertama adalah membuat feses menjadi berbentuk padat. Proses pemadatan ini sangat penting. Apabila prosesnya tidak berjalan dengan baik, maka akan timbul beberapa gangguan kesehatan seperti dehidrasi maupun diare.

  1. Menyerap vitamin

Selanjutnya, organ ini juga berfungsi menyerap vitamin. Vitamin ini terbentuk dari aktivitas bakteri baik yang hidup di dalamnya. Setidaknya terdapat hingga 700 spesies bakteri baik pada colon. Bakteri ini berperan penting dalam pemecahan polisakarida menjadi asam lemak agar lebih mudah diserap. Selain itu, bakteri baik juga menghasilkan vitamin K dan biotin.

  1. Menyerap Air

Selain vitamin, air juga perlu diserap agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Seperti kita ketahui, ada berbagai macam masalah timbul ketika tubuh mengalami kekurangan cairan. Jadi, bisa dikatakan fungsi ini sangat penting sehingga organ tersebut benar-benar perlu mendapatkan perawatan maksimal.

  1. Menghasilkan antibodi

Pada colon terdapat jaringan limfoid yang membantu memproduksi antibodi. Antibodi berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Zat ini membantu mencegah terjadinya infeksi oleh bakteri jahat sehingga akan terhindar dari berbagai macam infeksi.

  1. Menurunkan tingkat keasaman

Fungsi yang terakhir adalah mampu menurunkan tingkat keasaman atau menyeimbangkan pH. Ketika pH seimbang, maka seluruh proses pencernaan akan berjalan dengan baik. Seperti kita ketahui, zat atau makanan terlalu asam dapat merusak lapisan dinding pada berbagai organ pencernaan.

Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa fungsi usus besar yang sangat penting. Jadi, sebisa mungkin jaga organ tersebut dengan cara makan teratur, memenuhi asupan gizi harian, serta rutin berolahraga.